Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Serunya Lomba Dayung Perahu Nelayan di Kota Pasuruan

Pasuruan (beritajatim.com) – Sorak sorai terdengar dari tepi pelabuhan Kota Pasuruan. Warga berteriak saling mendukung tim kebanggaannya dalam perlombaan balap dayung perahu nelayan.

Pada perlombaan ini terdapat puluhan nelayan yang ikut. Mereka adu cepat mendayung kapal di ujung dermaga pelabuhan Panggungrejo, Kota Pasuruan, Minggu (14/11/2021). Lomba tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Pasuruan sebagai upaya membangun destinasi wisata bahari pesisir pantai pelabuhan.

“Pemerintah ingin membangun potensi pariwisata bahari di Kota Pasuruan. Alhamdulilah kegiatan ini disambut oleh antusiasme masyarakat yang sangat tinggi, ” ujar Muhammad Arif, ketua panitia lomba.

Pria yang menjabat anggotamKomisi 1 DPRD Kota Pasuruan ini menyatakan, lomba balap perahu nelayan juga digelar dalam rangka HariSsantri Nasional. Dalam perlombaan ini diikuti oleh 16 tim, sedangkan pada setiap tim terdapat 5 orang.

“Lomba balap dayung kapal ini diikuti oleh 16 tim, tiap tim ada 5 orang. Perlombaan ini juga merupakan rangka Hari Santri Nasional, ” ungkapnya.

Lomba ini sebelumnya telah menjadi budaya turun temurun masyarakat pesisir. Namun di tengah kecanggihan teknologi budaya ini semakin dilupakan. “Awalnya lomba balap kapal ini hasil swadaya masyarakat Panggungrejo. Namun, kini jadi agenda tahunan Piala Walikota, dengan total hadiah Rp 7 juta dan trophi,” imbuhnya.

Arif berharap kedepannya destinasi wisata bahari lomba dayung¬† ini dapat meningkatkan perekonomian warga pesisir Kota Pasuruan. “Event ini selain melestarikan tradisi warga pesisir juga ada nilai ekonominya. Nantinya akan diadakan evaluasi dan akan kerjasama membuka stand bazar UMKM,” tutupnya. [ada/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev