Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Peringati HUT ke-77 Republik Indonesia

Serunya Lomba Balap Perahu Warga Pesisir Kabupaten Pasuruan

Pasuruan (beritajatim.com) – Rayakan semarak HUT Kemerdakaan ke-77 RI, nelayan pesisir di Kabupaten Pasurua, yakni warga Desa Wates, Kecamatan Lekok, menggelar lomba balap perahu. Lomba ini diikuti puluhan nelayan pesisir.

Para nelayan rela tak pergi mencari ikan guna mengikuti lomba perahu yang hanya disemarakan satu tahun sekali tersebut. “Ada sekitar 27 perahu nelayan yang berpartisipasi dalam lomba balap perahu ini. Yang digunakan nelayan merupakan perahu yang sering digunakan melaut juga saat mencari ikan,” ujar Tholip, panitia lomba.

Lomba perahu ini dibagi menjadi dua kategori. Yakni kategori perahu kecil dan perahu besar. Para nelayan sangat antusias dalam pagelaran lomba perahu tersebut. Hal ini terbukti meskipun ombak yang menerjang cukup tinggi, namun para nelayan terus bersemangat.


Dalam aturan lomba, satu perahu hanya diisi oleh dua orang. Sedangkan jarak yang harus ditempuh para nelayan untuk mencapai garis finish sejauh 2,5 kilometer. Nelayan yang mendapat juara pertama mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp3 juta, juara dua Rp2 juta, juara tiga Rp1 juta.

“Sudah dua tahun lebih warga di sini tidak memeriahkan lomba 17 Agustus. Momen ini yang sangat ditunggu-tunggu oleh warga,” kata Kepala Desa Wates, Makhrus.

Lomba balap perahu ini dipilih dikarenakan warga yang ada di Desa Wates rata-rata bekerja sebagai nelayan. Warga juga berdoa agar virus Covid -19 tidak lagi datang ke Indonesia. Sehingga acara seperti ini bisa terus terulang. [ada/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev