Peristiwa

Senyum Anak Yatim Mengembang di Kantor Kecamatan Jombang

Pemberian santunan anak yatim yang dilaksanakan oleh Kades se-Kecamatan Jombang. [Foto: Yusuf/beritajatim]

Jombang (beritajatim.com) – Puluhan anak yatim berkumpul di pendapa Kecamatan Jombang, Selasa (20/8/2019) malam. Mereka berasal dari 16 desa yang ada di kecamatan tersebut. Kedatangan anak-anak yatim/piatu tersebut untuk menerima santunan dari para kepala desa masing-masing.

Tentu saja, begitu nama mereka dipanggil untuk maju ke depan, senyum bocah-bocah yang masih polos itu langsung mengembang. Kepala desa kemudian menyerahkan santunan yang sudah disiapkan, yakni sepucuk amplop berisi uang. “Semoga apa yang kita berikan ini memberikan manfaat bagi mereka,” ujar Koordinator Kades (Kepala Desa) se-Kecamatan Jombang, Erwin Pribadi.

Erwin menjelaskan, pemberian santunan untuk anak yatim itu merupakan rangkaian peringatan HUT (Hari Ulang Tahun) ke-74 Kemerdekaan Indonesia. Para kepala desa se-Kecamatan Jombang mengemas acara berbeda dengan tahun sebelumnya.

Bukan lagi acara hiburan atau sejenisnya. Namun semua sepakat untuk memberikan santunan kepada anak yatim. Rangkaian peringatan lainnya adalah lomba bola voli antar desa. “Untuk pertandingan bola voli kita laksanakan besok. Malam ini sudah kita undi,” kata Erwin yang juga Kades Kepatihan ini.

Erwin mengungkapkan, ada 16 desa yang terlibat dalam acara tersebut. Masing-masing Kades membawa 10 anak yatim ke pendapa kecamatan setempat. Sehingga total ada 160 anak yatim. “Ini hanya perwakilan, yakni setiap desa 10 anak. Selanjutnya akan dilakukan di desa masing-masing. Dananya murni dari kepala desa,” katanya menambahkan.

Para undangan yang hadir di pendapa Kecamatan Jombang

Sebelum santunan, panitia juga menghadirkan penceramah, yakni Ustaz Nur Habibullah. Dalam ceramahnya, ustadz asal Kecamatan Peterongan ini menerangkan secara panjang lebar tentang pentingnya menyantuni anak yatim. Juga dijelaskan tentang hakikat seorang pemimpin.

Tidak jarang, dalam ceramahnya, Ustadz Nur Habibullah menyisipkan humor-humor segar. Sehingga suasana pengajian di pendapa kecamatan tersebut semakin dinamis. Apalagi ketika sang ustadz menyindir Kades, Camat, Kapolsek, serta Danramil,  para hadirin yang hadir di pendapa Kecamatan Jombang itu tertawa berderai-derai.

Camat Jombang Agus Jauhari memberikan apresiasi positif atas acara yang diselenggarakan oleh seluruh Kades di Kecamatan Jombang tersebut. “Kami sangat mendukung acara yang diinisiasi oleh para kepala desa ini. Semoga membawa kebaikan di dunia dan di akhirat,” pungkas mantan Camat Peterongan tersebut. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar