Peristiwa

Sempat Terputus Karena Longsor, Pipa Saluran Air Bersih Akhirnya Tersambung

Petugas sedang menyambung pipa air bersih milik PDAM di Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto yang terkena longsor. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Puluhan pipa air bersih milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang mengaliri rumah warga di Desa Cempoko Limo, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto , akhirnya tersambung. Tercatat ada, 22 titik dari lima sumber yang awalnya putus.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, terputusnya pipa air bersih milik PDAM tersebut karena imbas hujan deras yang terjadi pada, Jumat (8/2/2020) kemarin sehingga menyebabkan longsor.

“Pipa PDAM yang terkena imbas longsor sebanyak 22 titik dari 5 sumber yaitu sumber Sluwuk, Coban Pelangi, Wonolopo, Bendungan dan Sumber Mojo. Mulai kemarin dilaksanakan penggantian pipa 6″ sebanyak 60 lonjor, 4″ sebanyak 120 lonjor,” ungkapnya, Minggu (9/2/2020).

Masih kata Zaini, Minggu sore pipa yang dari Sumber Slowok, Coban Pelangi dan Bendungan sudah tersambung dan air sudah masuk ke Ground Reservoir Sajen. Saat ini tinggal normalisasi dan pihaknya berharap pada Minggu malam sudah bisa sampai ke pelanggan.

“Tinggal air yang dari Sumber Wonolopo yang belum tersambung, besok pagi dilanjutkan. Untuk wilayah Pacet tidak mati total, air yang ke pelanggan sebagian sudah mengalir. Sebelumnya, pelanggan PDAM dikirim air dengan truk tangki untuk memenuhi kebutuhan air bersih,” katanya. [tin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar