Peristiwa

Sempat Surut, Kali Lamong Meluap Lagi

Gresik (beritajatim.com) – Air luapan Kali Lamong di wilayah Kecamatan Balongpanggang dan Benjeng, Gresik yang sebelumnya sempat surut. Kini, meluap lagi.

Meluapnya air Kali Lamong tersebut menyebabkan dua desa. Yakni, Desa Wotansari di Kecamatan Balongpanggang, dan Sedapurklagen, Kecamatan Benjeng terendam air setinggi 10 hingga 30 centimeter.

Menurut Khoirul (40) salah satu warga Desa Wotansari menuturkan, luapan air Kali Lamong sudah menggenangi jalan poros desa sejak pagi sejauh 30 meter. Akibat genangan air itu membuat warga yang melintas berhati-hati.

“Semula sempat surut tapi saat ini meluap lagi. Perangkat desa sudah melaporkan kejadian ini ke BPBD Gresik, dan Muspika Balongpanggang,” tuturnya, Rabu (3/04/2019).

Kondisi yang dialami Desa Wotansari berbeda dengan Desa Sedapurklagen, Kecamatan Benjeng, berdasarkan laporan BPBD Gresik, luapan air Kali Lamong sudah terjadi sejak siang tadi. Pasalnya, desa tersebut tergenang air setinggi 10 centimeter.

“Kalau di Desa Sedapurklagen setelah kami pantau air yang meluap setinggi 10 centimeter. Tidak menutup kemungkinan bisa bertambah karena intensitas hujan di wilayah Gresik Selatan cukup tinggi,” ujar petugas BPBD Gresik, Agus Setiawan.

Seperti diketahui, belum tuntasnya normalisasi Kali Lamong menyebabkan warga di Kecamatan Balonglanggang, Benjeng, dan Cerme menjadi langganan meluapnya Kali Lamong. Kejadian tersebut tidak hanya menyebabkan warga sengsara. Tetapi, juga lahan pertanian serta aktivitas perekonomian di tiga daerah itu terganggu. Karena itu, warga sangat berharap normalisasi segera dilakukan mengingat setiap tahun hilir Kali Lamong menyempit. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar