Peristiwa

Sempat Rusak, Jalur Ponorogo – Pacitan Kini Sudah Mulus

Ponorogo (beritajatim.com) – Menjelang lebaran, jalan yang rusak mulai dikebut untuk diperbaiki. Salah satunya ruas jalan yang berada dijalur Ponorogo – Pacitan.

Tepatnya di Desa Wates, Kecamatan Slahung yang rusak akibat tanah retak beberapa waktu yang lalu. Sebelumnya kendaraan muatan berat yang ke Pacitan harus dialihkan lewat jalur Wonogiri Jawa Tengah.

“Perbaikan sudah mencapai 90 persen. Sehingga kini sudah bisa dilalui kendaraan lagi,” kata Pengawas Lapangan Bina Marga Provinsi Jawa Timur, Sartono saat dihubungi lewat sambungan telepon, Jumat (24/5/2019).

Sartono mengungkapkan teknik perbaikan di titik kilometer 227 tersebut dengan menguruk permukaan jalan yang amblas menggunakan pasir batu (sirtu). Kemudian diratakan dan dipadatkan menggunakan alat berat hingga mencapai tingkat kepadatan tertentu. Sartono menyebut pekerjaan perbaikan juga mencakup pengaspalan bahu jalan dan pembenahan bronjong penahan tebing.

“Saat ini tinggal pengerjaan pengaspalan bahu jalan yang ditargetkan selesai pada Sabtu besok,” katanya.

Sartono berharap perbaikan tersebut dapat mengembalikan transportasi dua kabupaten yang sempat terhambat beberapa bulan terakhir. Namun Dia mengimbau para pengguna jalan agar berhati-hati ketika hujan deras mengguyur. Karena tebing di ruas jalan tersebut rawan longsor jika terjadi hujan.

“Walaupun sudah ada bronjong yang menahan material longsor, namun kita juga harus tetap waspada,” pungkasnya. (end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar