Peristiwa

Sempat ‘Balik Kucing’, Kapal Sabuk Nusantara 92 Kembali Berlayar ke Pulau Masalembu

Sumenep (beritajatim.com) – Kapal perintis ‘Sabuk Nusantara 92’ yang sempat kembali ke Pelabuhan Kalianget, Sumenep karena dihadang cuaca buruk, akhirnya berlayar kembali Senin dini hari. Kapal dengan rute Pelabuhan Kalianget – Pulau Masalembu tersebut kembali berlayar setelah cuaca dianggap membaik.

“Semalam kami terpaksa kembali ke Sumenep karena ada pertambahan kecepatan angin hingga 32 knot. Selain itu, ketinggian air laut juga bertambah. Itu diketahui dengan alat pendeteksi kecepatan angin yang ada di kapal,” kata Kapten Kapal Sabuk Nusantara 92, Riko Patti Peilohi, Senin (13/05/2019).

Ia menjelaskan, kapal sudah menempuh jarak sekitar 30 mil atau dua jam perjalanan. Namun karena cuaca tidak memungkinkan, ia memutuskan untuk kembali ke Pelabuhan Kalianget. “Perjalanan kami sudah dua jam lebih. Tapi karena pertimbangan cuaca, kami memilih kembali ke Kalianget. Ini juga demi keselamatan pelayaran,” ujarnya.

Sementara Petugas Lalu Lintas dan Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget, Edi Sucipto menerangkan, kapal Sabuk Nusantara 92 akhirnya berangkat lagi ke Masalembu dini hari tadi.

“Keberangkatan itu setelah ada kesepakatan antara penumpang dan nakhoda. Ada sebagian penumpang yang sudah sangat lama menunggu di terminal. Akhirnya nakhoda memutuskan untuk memberangkatkan kapal. Apalagi cuaca juga membaik,” ucapnya.

Selain itu, berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), tanggal 14 Mei 2019 tinggi gelombang di Perairan Masalembu bertambah. “Jadi apabila keberangkatan kapal kembali ditunda, khawatir malah tidak bisa berangkat karena dihadang cuaca buruk,” terangnya. (tem/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar