Peristiwa

Semak-semak Dekat Pemukiman Terbakar, Dua PMK Tuban Dikerahkan

Petugas PMK Tuban bersama dengan Polisi serta masyarakat saat memadamkan kebakaran lahan tanaman jati yang terbakar.

Tuban (beritajatim.com) – Sejumlah warga yang tinggal di kawasan Dusun Bogang, Desa Beji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban dibuat panik dengan terjadinya kebakaran di semak-semak lahan dengan tanaman pohon jati yang ada di sekitar pemukiman warga setempat, Minggu (29/9/2019).

Beruntung api yang sudah menjalar di area lahan pribadi milik warga itu tidak sampai meluas ke area pemukiman warga yang jaraknya cukup dekat. Petugas kepolisian dari Polsek Jenu, Polres Tuban bersama warga sempat kewalahan untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, kebakaran lahan tanaman Jati yang ada di pinggir jalur Pantura Tuban itu diketahui secara tiba-tiba. Yang mana, warga yang tinggal di sekitar lokasi lahan seluas 300 meter persegi itu mengetahui api sudah dalam keadaan membesar.

“Kita awalnya mendapatkan laporan dari warga yang mengatakan ada kebakaran lahan di sebelah rumahnya. Selanjutnya anggota kami langsung berangkat ke lokasi dan kemudian berusaha memadamkan api bersama-sama dengan warga,” terang AKP Elis Suendayati, Kapolsek Jenu, Polres Tuban.

Lokasi lahan tanaman Jati milik warga di Desa Beji, Kecamatan Jenu, Tuban yang terbakar

Setelah tiba di lokasi kebakaran semak-semak di lahan milik warga itu, petugas Polsek Jenu akhirnya melaporkan kejadian itu kepada petugas PMK BPBD Tuban. Pasalnya saat itu api semakin membesar dan dikhawatirkan menjalar sampai dengan pemukiman warga desa tersebut.

“Karena dirasa kewalahan untuk memadamkan api yang membakar daun-daun kering, maka saat itu juga kita menghubungi BPBD Tuban,” tambahnya.

Mendapatkan adanya laporan kebakaran itu, petugas PMK BPBD Tuban langsung mengerahkan dua unit mobil pemadam dan satu tangki penyuplai air. Sehingga dalam waktu sekitar 30 menit kebakaran lahan tanaman jati yang dekat dengan pemukiman warga itu bisa dipadamkan.

“Tidak sampai ada korban dalam kejadian ini. Adapun untuk penyebab terjadinya kebakaran ini masih dalam proses penyelidikan,” pungkasnya.[mut/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar