Peristiwa

Ada Satu PDP

Seluruh Pedagang di Pasar Bongkaran Tuban Jalani Rapid Tes

Tuban (beritajatim.com) – Setelah adanya seorang pedagang di pasar tradisional yakni di pasar Bongkaran, Kabupaten Tuban yang menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP), tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tuban langsung bergerak untuk melakukan Rapid Tes terhadap para pedagang yang ada di pasar itu, Rabu (13/5/2020) dini hari.

Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan dan juga Rapid Tes untuk para pedagang tersebut sebagai antisipasi pencegahan dan penyebaran virus corona di Kabupaten Tuban. Pasalnya, di pasar Bongkaran Tuban itu merupakan tempat interaksi banyak warga masyarakat termasuk para pedagang sayur-sayuran yang berasal dari luar Kabupaten Tuban.

Pantauan beritajatim.com di lapangan, kegiatan Rapid Tes tersebut dilakukan dengan melakukan pemeriksaan pada pedagang terutama pedagang sayuran yang biasa berjualan pada dini hari itu. Lokasi pemeriksaan dibagi menjadi tiga titik guna mempermudah dalam mengambil sampel darah para pedagang yang kemudian dilakukan Rapid Tes itu.

“Kegiatan kali ini adalah operasi pasar dengan melakukan pemeriksaan kesehatan para pedagang yang ada di sini yang kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan Rapid Tes,” terang Bambang Priyo Utomo, yang merupkan Koordinator Bidang Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tuban saat berada di lokasi.

Bambang menjelaskan, bahwa dalam pemeriksaan kali ini semua pedagang yang berada di pasar Bongkaran Tuban itu dilakukan Rapid Tes. Yakni berdasarkan data yang ada di lokasi pasar tradisional yang sebagian besar berjualan sayur tersebut terdapat sekitar 108 orang pedagang yang berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Tuban itu.

“Karena sudah ada kasus dari sini yang sudah PDP dirawat di rumah sakit maka semua pedagang seratus persen kita lakukan Rapid Tes. Kita bawakan Rapid Tes sebanyak 110 untuk melakukan pemeriksaan di sini,” tambahnya di sela-sela pemeriksaan para pedagang itu.

Selain dilakukan pemeriksaan di Pasar Bongkaran, Rapid Tes para pedagang juga akan dilakukan di beberapa pasar tradisional yang ada di Kabupaten Tuban. Terutama dengan pasar-pasar yang berada di wilayah kecamatan yang berdekatan dengan wilayah Kabupaten Bojonegoro mengingat sudah ada pedagang asal Tuban yang tertular dari Pasar Bojonegoro.

“Habis ini akan ada enam pasar yang akan kita periksa, terutama yang ada hubungannya dengan pedagang yang berasal dari Pasar Bojonegoro. Terutama Pasar Rengel, Pasar Selogabus Parengan, Pasar Jatirogo serta pasar lainnya,” papar Bambang yang juga Kepada Dinkes Tuban itu.

Sementara itu, sejumlah pedagang yang mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan juga Rapid Tes secara gratis itu tampak sangat antusias. Mereka para pedagang terutama para ibu-ibu itu rela harus mengantri untuk bisa dilakukan pemeriksaan kesehatannya yang kemudian dilanjutkan dengan Rapid Tes itu.

“Untuk hasilnya belum dilakukan rekap. Nanti kalau sudah semua akan kita sampaikan,” pungkasnya.[mut/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar