Peristiwa

Selokan Depan Rumah Gubernur Berwarna Hijau, Ini Penyebabnya

Surabaya (beritajatim.com) – Tim Reaksi Cepat BPBD Jatim yang dipimpin langsung oleh Kalaksa BPBD Jatim, Suban Wahyudiono langsung ‘turun gunung’ meninjau lokasi selokan depan rumah Gubernur Jatim di wilayah Jemursari Surabaya, Senin (9/3/2020).

“Kami kemarin tiba di lokasi pukul 18.35 WIB. TRC BPBD Jatim telah melakukan assesment atas munculnya warna hijau di Jalan Jemursari VIII (depan SMK PGRI 1) Surabaya dan hasilnya tidak lagi ditemukan warna hijau,” kata Kalaksa BPBD Jatim, Suban Wahyudiono melalui Sekretaris BPBD Jatim, Erwin Indra Widjaja kepada wartawan di kantornya, Selasa (10/3/2020).

Menurut Erwin, TRC juga telah berkomunikasi dengan warga setempat atas nama Khosim. Diketahui bahwa warna hijau yang ditemukan di sungai ternyata adalah hasil buangan dari percetakan.

“Informasi warga, kondisi sungai berwarna sesuai dengan tinta yang dibuang. Terkadang air sungai berwarna merah, jika tinta yang dibuang warna merah. Keluhan warga, aroma yang keluar akan semakin menyengat, jika percetakan itu membuang tinner. Ketua RT sudah melakukan teguran secara lisan kepada pemilik percetakan terkait dengan buangan limbah ke sungai,” jelasnya.

BPBD Jatim juga telah melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jatim untuk menugaskan anggotanya melakukan pengambilan sampel air sungai. [tok/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar