Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Self Talk, Apakah Penting untuk Dilakukan? Pahami Manfaatnya!

Ilustrasi orang yang melakukan self talk. (Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Suatu kegiatan yang sering dilakukan sebagian orang yaitu Self Talk. Sesuai dengan artinya, self talk adalah berbicara dengan diri sendiri. Walaupun ada yang suka melakukannya, tapi ada sebagian yang merasa bahwa itu merupakan tindakan aneh. Namun, siapa sangka bahwa self talk memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan mental.

Hanya saja, saat berbicara dengan diri sendiri lebih lakukan dengan cara positif. Pasalnya, self talk memberikan pengaruh pada perasaan seseorang tentang dirinya sendiri serta cara mereka menanggapi berbagai peristiwa dalam hidupnya.

Sebenarnya, self talk adalah sesuatu hal alami yang dilakukan setiap hari. Selain itu, ada yang beranggapan jika self talk yang dilakukan dengan positif merupakan cara terbaik dalam meningkatkan kepercayaan diri seseorang serta mengendalikan emosi negatif.


Self talk biasanya dipengaruhi oleh pikiran alam bawah sadar, keyakinan, pertanyaan, ungkapan pikiran, bahkan ide diri sendiri. Terkadang self talk dapat melapangkan hati hingga menyusahkan. Namun, berbagai macam self talk yang dialami seseorang tergantung pada kepribadian mereka.

Jika dia adalah orang yang positif, maka dia akan sering mengucapkan sesuatu harapan. Tapi, jika itu sebaliknya kemungkinan self talk dapat membuatnya semakin minder.

Disamping itu, self talk yang memberikan dampak jangka panjang akan membantu kita lebih mengenal diri secara lebih dalam sehingga mampu mengekspresikan perasaan yang dialami. Maka dari itu, kita menjadi lebih lega dan tenang ketika mengalami masalah tanpa ada sesuatu yang dipendam atau mengganjal.

Ingat bahwa semua orang memiliki pemikiran mereka masing-masing. Suara batin mereka yang menciptakan narasi dalam diri mereka sendiri. Bahkan tanpa disadari, kisah hidup yang terjadi ada andil dari suara batin mereka sendiri.

Suara batin biasanya yang membantu kita menimbang kelebihan dan kekurangan, menyampaikan sesuatu dengan jujur, dan memberikan dorongan dalam bertindak.

Jadi sebenarnya, manusia bisa mengendalikan diri sendiri dengan apa yang mereka inginkan terjadi. Maka apa yang kita baca, apa yang lihat hingga pikirkan tergantung dari cara kita mengisinya. (prd/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar