Peristiwa

Seleksi Awal, 100 Peserta Duta ISNU Jalani Karantina

Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans bersama petiginggi ISNU saat berfoto bersama peserta Duta ISNU di Hotel Singgasana, Surabaya, pada (9/11/ 2019). [Foto/Manik Priyo Prabowo]

Surabaya (beritajatim.com)- Pemilihan Duta ISNU (Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama) Jawa Timur, diadakan untuk mengenalkan ISNU kepada masyarakat, terutama generasi muda. Begitu dibuka pendaftaran pada 20 Oktober – 5 November 2019, sebanyak 859 peserta mendaftarkan diri.

Dari seleksi awal, terpilih 100 peserta, yang terdiri dari 50 laki-laki dan 50 peserta perempuan. Mereka berasal dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Timur. Bahkan ada peserta dari luar Jawa yang ikut serta. Mereka yang lolos seleksi awal itulah yang kemudian mengikuti karantina di Hotel Singgasana, Surabaya, pada 9-10 November 2019.

Ketua Panitia Pemilihan Duta ISNU Zahrul Azhar mengatakan, para peserta ini nantinya tampil pada grand final yang diadakan di Grand City Mall pada 16 November 2019. “Jadi di karantina ini mereka disiapkan untuk tampil pada malam grand final nanti,” kata Gus Hans, panggilan akrab Zahrul Azhar, Sabtu (9/11/2019).

Sekretaris ISNU Jatim M. Dawud mengatakan, panitia sudah menyiapkan hadiah untuk para pemenang, di antaranya umrah dan uang dengan nilai total Rp 50 juta. “Para pemenang akan mendapat kesempatan untuk mewakili ISNU di berbagai event-event penting berskala nasional maupun internasional,” kata Dawud.

Selama karantina, peserta menjalani seleksi wawancara di hadapan para juri dari pengurus ISNU Jawa Timur. Wawancara meiputi bakat minat, pengetahuan umum, pengetahuan ke-NU-an, dan ahlussunnah wal jamaah.

Selain itu, para peserta juga mendapatkan pembekalan dari para pakar. Peserta akan mendapat materi tentang Aswaja (ahlusunnah wal jamaah) dari Ahmad Syauqi M. Hum, M.Si. Kemudian materi public speaking dari Prof Dr Rachma Ida, guru besar Unair. Untuk materi motivasi diberikan oleh Zahrul Azhar, S.Ip, M.Kes atau Gus Hans. Selain itu, juga ada materi tentang catwalk dan pemotretan. [man/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar