Peristiwa

Selama PPKM, Wisata Religi Makam Kiai Ageng Besari Tutup

Situasi wisata religi makam Kiai Ageng Besari sebelum PPKM. [Foto/Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Pengunjung makam Kiai Ageng Besari harus bersabar dulu selama Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Ponorogo. Pasalnya, seiring dengan kebijakan tersebut, pengurus wisata religi yang berada di Desa Tegalsari, Kecamatan Jetis itu ditutup sementara.

“Makam tersebut kami tutup sementara karena Ponorogo melakukan PPKM, nanti kalau sudah aman dari Covid-19 pasti akan dibuka lagi,” kata Juru Pelihara Makam Kiai Ageng Besari Budi Utomo, Minggu (31/1/2021).

Meski makam ditutup, Masjid Kiai Ageng Besari tetap buka. Sehingga pengunjung yang terlanjur ke sana, masih bisa salat berjamaah di masjid tersebut. Tentunya mereka harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. “Masjid tetap kami buka, tapi ya ada pembatasan dalam salat berjamaah,” katanya.

Budi menyebut seminggu PPKM ini, pengunjung masjid hanya sekitar 200 orang. Jumlah itu tergolong sedikit jika dibandingkan sebelum penerapan PPKM. Ada sekitar 700 pengunjung biasanya memadati lokasi wisata religi tersebut ketika malam Jumat.

“Kami mematuhi peraturan PPKM yang berlaku, sehingga tidak mengizinkan peziarah untuk memasuki makam,” pungkasnya. [end/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Kiat Menulis Artikel Kesehatan Populer

Resep Nasi Aladin Khas Timur Tengah

Resep Sup Kikil, Gurih dan Empuk