Peristiwa

Selama 2 Minggu, Satlantas Polres Ponorogo Keluarkan 3229 Surat Tilang

Ponorogo (beritajatim.com) –  Operasi Zebra Semeru resmi berakhir pada Selasa (5/11/2019) kemarin. Selama 2 minggu pelaksanaan operasi, Satlantas Polres Ponorogo mengeluarkan sebanyak 3229 surat tilang. Selain itu mereka juga melakukan 1371 teguran.

”Dalam 2 minggu ini, total ada 4600 tilang dan teguran,” kata Kasatlantas Polres Ponorogo, AKP Bambang Prakoso, saat dihubungi beritajatim.com, Rabu (6/11/2019) siang.

Pelajar atau mahasiswa menjadi urutan teratas dalam daftar pelanggar, yakni mencapai 2286 pelanggar. Menyusul urutan berikutnya dari karyawan/swasta dan PNS. Masing-masing sebanyak 849 dan 43 PNS yang melanggar aturan lalu lintas.

”Kebanyakan yang melanggar adalah mengendarai sepeda motor dengan jumlah 3094.  Disusul 76 untuk mobil penumpang dan 59 mobil barang,” kata lulusan AKPOL tahun 2007 ini.

Kegiatan operasi Zebra Semeru ini, selain untuk menertibkan pelanggar lalu lintas. Juga sebagai aja sosialisasi kepada masyarakat, bagaimana prosedur penilangan selama ini. Sehinga tidak ada ungkapan buruk dari masyarakat.

”Jadi uang hasil penilangan itu akan dimasukkan ke dalam kas negara,” katanya.

Kedepan, kata Bambang, operasi serupa bakal rutin digelar agar jumlah para pelanggar bisa ditekan di bumi reyog. Selain itu pihaknya tidak akan bosan-bosan untuk bekerja sama dengan sekolah supaya tidak ada pelajar dibawah  umur yang makai sepeda motor untuk ke sekolah.

”Supaya tidak razia operasi, pihaknya menghimbau masyarakat untuk melengkapi surat-surat. Selain itu jangan sampai ada kendaraan yang sudah  dimodifikasi,” pungkasnya.(end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar