Peristiwa

Sekdes Gunungsari Akhiri Hidup, Bupati Jember Perintahkan Dispemasdes Segera Tangani

Bupati Hendy Siswanto

Jember (beritajatim.com) – Bupati Jember, Hendy Siswanto, menyatakan duka cita atas meninggalnya Derman Efendi (39), Sekretaris Desa (Sekdes) Gunungsari, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispemasdes) akan mendalami masalah ini.

Derman ditemukan meninggal dalam keadaan tergantung di atas pohon setinggi 10 meter, di Jalan Raya Tanggul-Kencong, Desa Wringinagung, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (22/11/2022) siang.

“Informasi yang saya terima dari Pak Camat, ada problem internal keluarga. Hal yang sangat pribadi,” kata Hendy, Rabu (23/11/2022).

Ia memerintahkan agar dilakukan kembali pembinaan terhadap aparatur pemerintah, terutama di desa, dengan melakukan pendekatan sosial keagamaan.

Sementara itu, Kepala Dispemasdes Jember Adi Wijaya akan mendalami dulu persoalan di balik kematian Derman. “Bapak Bupati menaruh atensi terhadap kejadian ini. Kami diminta turun langsung mendalami kematian ini,” katanya.

“Almarhum ini kan termasuk tulang punggung penyelenggaraan pemerintahan di desa. Status beliau sekretaris desa. Semua pelayanan administrasi pasti ada kaitannya dengan posisi beliau,” kata Adi Wijaya.

Adi ingin memastikan agar proses pemerintahan di Desa Gunungsaru tetap berjalan lancar. “Pasti terjadi kekosongan posisi perangkat desa. Otomatis sesuai ketentuan, tidak diperbolehkan terjadi kekosongan lebih dari dua bulan, harus segera dilakukan proses pengisian. Kami akan konfirmasi lebih lanjut terkait prosesnya,” katanya.

Sebelum ditemukan meninggal, Derman sempat berbincang-bincang dengan beberapa teman kerjanya di kantor pada pagi hari. Tidak ada yang menyangka Derman nekat mengakhiri hidup di tepi jalan raya yang berjarak sekitar 14 kilometer dari Gunungsari.

“Padahal di Wringinagung tidak ada saudara, tidak ada teman. Kok bisa ke sana,” kata Camat Umbulsari Muhammad Yusuf.

Menurut Yusuf, Derman pekerja yang baik. “Pekerjaannya bagus dan selalu beres. Bertanggungjawab. Tidak pernah mengeluh. Dengan teman-temannya baik. Dengan pemerintah kecamatan sering berkonsultasi. Saya terakhir ngobrol dengan almarhum pekan lalu. Tidak ada tanda-tanda apa-apa,” katanya. [wir/beq]

Apa Reaksi Anda?

Komentar