Peristiwa

Sejumlah Masjid di Sumenep Tetap Gelar Salat Idul Fitri

Sumenep (beritajatim.com) – Sejumlah masjid di Sumenep tetap menggelar sholat Idul Fitri 1441 H pada Minggu (24/05/2020). Salah satunya, Masjid Nur Muhamad, Jl. Trunojoyo, Gedungan.

“Berdasarkan kesepakatan takmir, Masjid Nur Muhammad tetap melaksanakan sholat Ied berjamaah. Tetapi, dengan memperhatikan protokol kesehatan,” kata Ketua Takmir Masjid Nur Muhammad, H. Sugiyatno.

Ia menjelaskan, para jemaah sholat Ied sebelum masuk ke masjid diwajibkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu di tempat yang telah disediakan. Selain itu, setiap jemaah diwajibkan mengenakan masker.

“Kalau ada jemaah yang tidak mengenakan masker, maka takmir akan memberikan masker gratis. Jadi kami memang mewajibkan semua jemaah harus pakai masker,” paparnya.

Selain itu, setiap jemaah harus mematuhi physical distancing atau menjaga jarak satu sama lain. “Kami sudah memberikan tanda silang di setiap shaf. Artinya, kalau ada tanda silang, maka itu tidak boleh ditempati. Kemudian, tidak boleh ada jabat tangan, untuk menghindari kontak fisik,” terangnya.

Selain Masjid Nur Muhammad, masjid yang juga menggelar Sholat Idul Fitri adalah masjid Jamik Sumenep, masjid Darussalam, masjid Satelit, serta beberapa masjid lain.

Sementara dalam khotbah Idul Fitri di Masjid Nur Muhammad, khotib Moh. Zeinudin mengingatkan kepada para jemaah, bahwa ada virus yang lebih berbahaya dibanding Covid-19, yakni ‘virus’ takabur, cinta dunia dan takut mati, serta virus ideologi.

“Virus-virus yang menyerang hati manusia itu bisa merubah orang menjadi kufur. Karena itulah, kita harus waspada, jangan sampai terserang ‘virus-virus’ itu,” ujarnya.

Sedangkan untuk pandemi Covid-19, ia menilai hal itu merupakan ujian bagi hamba Allah yang beriman. Terlebih lagi di bulan suci Ramadan.

“Masa pandemi Covid-19 ini harusnya menjadikan kita semakin kuat dan semakin dekat kepada Allah. Kita tidak bisa menghindari masa pandemi ini. Tetapi semua tetap harus waspada, dan jadikanlah masa pandemi ini sebagai cambuk untuk makin bertakwa kepada Allah,” tandasnya. (tem/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar