Peristiwa

Sejumlah Masjid di Kabupaten Mojokerto Tiadakan Pelaksanaan Sholat Jumat

Mojokerto (beritajatim.com) – Sejumlah masjid di Kabupaten Mojokerto meniadakan pelaksanaan sholat Jumat. Salah satunya, Masjid Jami Sabilul Huda di Desa Pacing, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto meniadakan sholat Jumat pada saat pelaksanaan sholat Jumat (27/3/2020).

Padahal, masjid yang berada di jalur provinsi menghubungkan Mojokerto dan Pasuruan ini terpaksa meniadakan sholat Jumat. Peniadaan sholat Jumat sesuai dengan Surat Edaran Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta meniadakan sholat Jumat selama wabah virus corona (Covid-19).

Tamir Masjid Jami Sabilul Huda, Abdul Kholik Nawawi menjelaskan, peniadaan sholat Jumat baru dilakukan kali ini. “Untuk sementara mulai Jumat ini kita liburkan, baru Jumat ini. Alasannya demi keselamatan pasalnya penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Masih kata Kholik, kekhawatiran terpaparnya jamaah ketika sholat Jumat di Masjid Jami Sabilul Huda yang sangat tinggi. Kendati ibadah sholat Jumat ditiadakan, pihaknya masih tetap memperbolehkan jamaah melaksanakan sholat wajib lima waktu.

“Saya khawatir nanti itu ada yang terpapar, masjid ini ada di jalan protokol sehingga yang Jumatan biasanya juga tidak hanya dari warga sini tapi bisa dari daerah jauh juga. Tapi kami masih memperbolehkan untuk sholat lima waktu tapi ada penyekatan shaf sholat antar jamaah,” ujarnya.

Diakui, imbas dari Covid-19 jumlah jamaah yang menjalankan sholat di Masjid Jami Sabilul Huda turun mencapai 60 persen. Terkait peniadaan sholat Jumat, pihak masjid tidak mengetahui sampai kapan diberlakukan. Kholik menambahkan, pihaknya menunggu instruksi dari MUI dan pemerintah.[tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar