Peristiwa

Sejumlah Desa di Kabupaten Mojokerto Terendam Banjir

Banjir masuk ke pemukiman warga di Kabupaten Mojokerto. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Akibat hujan dengan intensitas tinggi menguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Mojokerto menyebabkan sejumlah desa terendam, Selasa (14/4/2020). Ini lantaran sungai yang melintas di sejumlah desa tersebut meluap dan masuk ke pemukiman warga.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto menyebutkan, ada empat desa di tiga kecamatan yakni Kecamatan Sooko, Mojoanyar dan Puri terendam. Air dengan ketinggian 10 cm hingga 40 cm masuk rumah warga dan 10 cm hingga 30 cm di jalan pemukiman warga.

Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, berdasarkan pantauan Satelit Citra Radar BMKG Juanda wilayah Kabupaten Mojokerto khususnya di wilayah selatan sedang dilanda hujan dengan intensitas sedang-lebat dengan durasi cukup lama. Sehingga menyebabkan air sungai meluap.

“Sungai yang meluap diantaranya, afour Sungai Sadar, sungai di Desa Medali Puri, Sungai Brangkal dan Sungai Ngerayung Puri. Ada beberapa desa yang terdampak akibat air sungai meluap tersebut. Yakni Desa Gayaman Kecamatan Mojoanyar, Desa Medali dan Desa Banjar Agung Kecamatan Puri serta Desa Sambiroto Kecamatan Sooko dan,” ungkapnya.

Di Desa Gayaman Kecamatan Mojoanyar, air merendam dua dusun yakni Dusun Tambakrejo dan Gayaman dengan ketinggian air 20 cm hingga 40 cm dan di jalan 30 cm hingga 40 cm. Desa Medali Kecamatan Puri, dua rumah yang terendam dengan ketinggian 20 cm hingga 30 cm dan di jalan mencapai 10 cm sampai 20 cm.

Di Desa Banjar Agung Kecamatan Puri air di jalan dengan ketinggian antara 10 sampai 20 cm, sedangkan di Desa Sambiroto Kecamatan Sooko ketinggian air di jalan antara 10 cm sampai 30 cm. Hingga saat ini, beberapa sungai yang mengalami peningkatan dan meluber ke jalan dan rumah warga masih belum surut. “TRC BPBD Kabupaten Mojokerto sudah melakukan assessment dan berkoordinasi dengan warga,” tegasnya.[tin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar