Peristiwa

Sehari, 2 Kejadian Kebakaran di Mojokerto

Kebakaran hutan di RPH Simo, BKPH Kemlagi (Petak 58 A) di Desa Cendoro, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto. Foto : istimewa

Mojokerto (beritajatim.com) – Kebakaran terjadi di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Simo, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kemlagi (Petak 58 A) di Desa Cendoro, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto. Diduga kebakaran terjadi karena oknum tak bertanggungjawab.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, kebakaran terjadi pada, Jumat (23/8/2019) sekira pukul 14.15 WIB. “Luas lahan yang terbakar mencapai 1,5 hektar,” ungkapnya.

Masih kata Zaini, kebakaran diduga dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Titik api ditemukan berawal saat petugas patroli yang sedang melakukan patroli di lokasi hutan melihat kepulan asap di lokasi hutan Kemlagi. Petugas kemudian melakukan pemadaman secara manual.

“Petugas dibantu Tim BPBD Kabupaten Mojokerto dan Babinsa setempat langsung melakukan pemadaman manual. Pemadaman titik api menggunakan ranting pohon dengan cara gebyok serta membuat ilaran dan sekat bakar agar api tidak meluas,” katanya.


Caption : Kebakaran pabrik paku di Jalan Raya Jetis, Desa Canggu, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto. Foto : istimewa

Jenis tanaman yang terbakar adalah alang-alang dan tumbuhan bawah. Sekitar 15 menit kemudian, api sudah berhasil dipadamkan namun lahan ya g terbakar mencapai 1,5 hektar dengan kerugian sekitar Rp33.750.000. Kebakaran di lokasi yang sama terjadi, Sabtu (3/8/2019) sekira pukul 23.52 WIB.

Kebakaran membakar ranting pohon jati, semak belukar serta rumput, api juga membakar pohon jati hingga seluas 0,5 hektar. Sementara di hari yang sama, Jumat (23/8/2019) kebakaran juga terjadi di CV Hasil Karya/Nail2000 di Jalan Raya Jetis, Desa Canggu, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto.

“Kebakaran di cerobong blower pabrik paku tersebut sumber api diduga berasal dari percikan mesin las. Dua PMK dari BPBD Kabupaten Mojokerto dan Kota Mojokerto melakukan proses pemadaman dan pembasahan. Luas yang terbakar 10×12 m² dengan kerugian ditafsir Rp20 juta,” jelasnya.[tin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar