Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Seekor Lutung Muncul di Durenan Magetan, BPBD: Kami Upayakan Evakuasi

BPBD Magetan bersama BKSDA saat hendak mengevakuasi lutung yang muncul di Desa Durenan, Sidorejo, Magetan, Jawa Timur, Jumat (13/5/2022)

Magetan (beritajatim.com) – Seekor lutung muncul di sekitar Desa Durenan, Sidorejo, Magetan beberapa hari terakhir. Meski tidak menyerang warga atau merusak lahan pertanian, BPBD Magetan berupaya untuk mengevakuasi lutung tersebut. Alasannya, banyak warga yang mungkin belum paham kalau lutung merupakan hewan yang dilindungi dan bisa saja menangkap lutung tersebut untuk dijual atau dipelihara.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan Eka Wahyudi mengungkapkan pihaknya mendapatkan laporan dari warga setempat usai tiga hari lutung tersebut mendekati pemukiman warga. Lutung tersebut sempat memkan labu siam muda di dekat kebun warga. Pun, segera pergi usai melihat banyak orang.

Eka menyebut pihaknya menghubungi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) pun berupaya mengevakuasi hewan yang dilindungi itu di lokasi dimana lutung itu kerap muncul. “Kami sudah melakukan pemantauan. Tapi, sementara kami tidak melihat lutung tersebut. Lutung itu tidak muncul saat kami ke sana bersama BKSDA,” kata Eka, Sabtu (14/5/2022)

Meski begitu pihaknya sudah meminta pemdes setempat untuk memberikan edukasi dan imbauan pada warga agar tidak menangkap apalagi menembak. Lutung tersebut merupakan hewan yang dilindungi. Jika saat pemantauan lutung itu muncul, kemungkinan besar akan bisa dievakuasi langsung oleh BKSDA.

“Kami berikan pemahaman pada warga setempat yang melihat agar tak melukai lutung tersebut. Dugaan kami tidak ada lutung lain dan hanya satu ekor itu saja,” kata Eka.

Dia mengungkapkan lingkungan di Desa Durenan memang masih bersahabat sebagai habitat lutung. Namun, karena sudah banyak dihuni warga maka dia tak ingin ambil resiko. Jika memang lutung itu kembali muncul pihaknya akan tetap berupaya melakukan evakuasi agar tak ada warga yang melukai. [fiq/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar