Peristiwa

Satu Tahanan Rutan Medaeng Meninggal Dunia Karena Covid-19

Surabaya (beritajatim.com) – Satu penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Klas satu di Medaeng Surabaya meninggal dunia, Tahanan atas nama Febyanto ini meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Dr Soetomo.

Karutan Medaeng Hendra Wahyu Hendrajati Setyo Nugroho saat dikonfirmasi membenarkan bahwa ada tahanan yang meninggal dunia atas nama Febyanto. Saat dilakukan pengecekan di surat keterangan kematian dari pihak rumah sakit, yang bersangkutan meninggal dunia karena sakit komplikasi diantaranya TBC dan HIV.

“Tapi memang disebutkan dalam surat keterangan kematiannya Covid-19 confirm,” ujar Hendra pada beritajatim.com, Rabu (20/1/2020).

Hendra menambahkan, Febyanto sebelumnya dirawat di klinik di Rutan Medaeng untuk beberapa hari. Dan petugas klinik juga sudah melakukan tes rapid antigen dan hasilnya negatif. “ Waktu di klinik di sini (Rutan Medaeng), memang tidak menunjukkan gejala Covid-19. Dan hasil rapid antigen juga negatif,” ujarnya.

Hendra mengaku baru mengetahui kalau yang bersangkutan positif Covid-19 juga setelah melihat surat keterangan kematian dari pihak Rumah Sakit dr.Soetomo.

“ Tapi kita akan tetap lakukan langkah antisipatif, karena yang bersangkutan cukup lama dirawat di klinik. Maka kita akan sterilkan dan lock kliniknya,” ujarnya.

Sementara sumber beritajatim.com menyebut, Febyanto dibawa ke RS Dr Soetomo karena sakit pada Sabtu (16/01/21).

Setibanya di RS dr Soetomo Surabaya, ia mendapat pemeriksaan dan swab antigen.

“Saat diswab antigen test hasilnya negative, kemudian diswab PCR hari minggunya positive. Meninggalnya hari senin malam,” ujarnya.

Febyanto kemudian dimakamkan secara protokol covid-19. Untuk keluarga saat ini masih dilakukan swab.

Perlu diketahui, Febyanto adalah terpidana kasus penipuan yang divonis tiga tahun penjara oleh hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. [uci/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar