Peristiwa

Satu Rumah di Kawasan Pemukiman Padat Ludes Terbakar

Petugas PMK dari BPBD Tuban saat memadamkan api yang membakar rumah di Kelurahan Sendangharjo, Kota Tuban. [Foto/istiwewa]

Tuban (beritajatim.com) – Sejumlah warga yang tinggal d kawasan Kawatan, Kelurahan Sendangharjo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban digegerkan dengan peristiwa kebakaran hebat yang menghanguskan sebuah bangunan rumah warga milik warga setempat, Rabu (3/2/2021) dini hari.

Beruntung tidak sampai ada korban jiwa maupun korban luka dalam kejadian kebakaran rumah yang berada di pemukiman padat pendukung itu. Selain itu api juga dengan cepat bisa dipadamkan sehingga tidak sampai merembet pada bagunan rumah milik warga lainnya yang jaraknya berdekatan itu.

Dari informasi yang dihimpun beritajatim.com, sebuah bangunan rumah yang terbakar itu diketahui milik dari Sulisah (60), warga Kelurahan Sendangharjo, Kota Tuban yang ditempati oleh anaknya yang bernama Iwan (43).

Sebelum diketahui mengalami kebakaran, sejumlah saksi mengetahui bahwa terjadi lampu padam di rumah korban itu dan mereka hendak menyalakan lampu.

“Pada saat saksi mengetahui lampu rumah padam kemudian suadara Iwan berusaha menyalakan saklar listrik yang ada di luar rumah. Ketika itu mengetahui ada api dari atap rumah, tepatnya pada kabel listrik,” terang AKP M Geng Wahono, Kapolsek Tuban, Polres Tuban.

Mengetahui adanya api yang sudah semakin membesar yang berasal dari atap rumah itu, sejumlah saksi dan korban langsung berteriak minta tolong pada warga setempat. Namun, saat itu api dengan cepat membesar dan langsung membakar rumah milik korban beserta isinya tersebut.

“Pada saat mengetahui api di atap rumah korban berteriak minta tolong kepada tetangga dan kemudian melaporkan kejadian ke Polsek Tuban dan juga menghubungi pemadam kebakaran Tuban,” tambahnya.

Petugas PMK dari BPBD Tuban saat memadamkan api yang membakar rumah di Kelurahan Sendangharjo, Kota Tuban. [Foto/istiwewa]
Sejumlah warga yang merupakan para tetangga korban kebakaran itu yang panik juga sempat berusaha untuk memadamkan api dari kebakaran tersebut. Namun, karena api dengan cepat membesar usaha warga untuk memadamkan api yang sudah membesar dengan menggunakan peralatan seadanya itu tidak berhasil.

Sementara itu, dalam kurun waktu yang tidak lama petugas PMK dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban langsung datang ke lokasi setelah mendapatkan adanya laporan kebakaran rumah itu. Sebanyak tiga unit kendaraan PMK dari BPBD Tuban dikerahkan ke lokasi dan berhasil memadamkan kebakaran di kawasan pemukiman padat penduduk itu.

“Api berhasil dipadamkan sekitar satu jam lebih, dengan adanya kejadian tersebut korban ditaksir mengalami kerugian sebesar Rp 60 juta. Kita masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran ini,” pungkasnya.[mut/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar