Peristiwa

Satpol PP Turun Jalan Bantu Atur Pelaksanaan Salat Idul Adha

Foto ilustrasi

Gresik (beritajatim.com) – Menjelang pelaksanaan Sholat Idul Adha 1441 H besok, Jumat (31/7), masih di tengah pandemi Covid-19. Sejumlah petugas Satpol PP Gresik bakal turut serta mengatur pelaksanaan salat hari raya kurban tersebut. Langkah itu diambil karena dalam Perbup 22 tahun 2020 terdapat aturan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah berjamaah.

Kepala Satpol PP Gresik Abu Hasan menuturkan, ada dua masjid besar di Gresik tentunya bakal ada penugasan sejumlah petugas Satpol PP. Nantinya, petugas tersebut ikut membantu mengatur pelaksanaan salat agar tetap khusuk.

“Di aturan Perbup 22 tahun 2020 kan jelas. Protokol kesehatan tetap dilakukan. Ada cek suhu tubuh, dan tiap shof ada jaraknya atau phsyical distancing,” katanya, Kamis (30/07/2020).

Masih menurut Abu Hasan, jika nantinya masjid jamaahnya sudah penuh, jamaah berikutnya tidak diizinkan masuk. Hal ini dilakukan guna menghindari kerumunan sehingga rentan terhadap munculnya penyebaran virus Covid-19.

“Kami bukannya melarang tapi sebagai antisipasi. Sebab, pandemi Covid-19 belum berakhir. Untuk itu, masyarakat harus turut serta memutus penyebaran virus corona,” paparnnya.

Mantan Kepala BPBD itu juga menyinggung soal pelaksanaan penyembelihan hewan kurban. Untuk pengamanan agar proses penyembelihan tetap aman dari covid-19, ada juga petugasnya.

“Ini baik muspika dan panitia kurban sudah menerima edaran dari Pemda terkait penyembelihan hewan,” paparnya.

Dalam surat edaran itu, tukang potong hewan kurban atau orang-orang yang terlibat dalam proses penyembelihan diwajibkan memakai alat pelindung diri (APD), face shield dan masker.

“Kami tetap melakukan pengawasan terhadap yang dilakukan masyarakat. Untuk itu, jangan sampai saat penyembelihan hewan kurban malah menciptakan kerumunan massa,” katanya.

Seperti diketahui, pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H. Pemda Gresik telah mengeluarkan surat edaran nomor 524/723/437.54/2020 perihal kegiatan sholat Idul Adha 1441 ditengah pandemi Covid-19. Dalam surat dijelaskan perlu ada penyesuaian baik itu pelaksanaan sholat maupun pembagian hewan kurban. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar