Peristiwa

Antisipasi Pemudik Libur Akhir Tahun

Satlantas Polres Bojonegoro Pastikan Sopir Bus Negatif Covid-19

Bojonegoro (beritajatim.com) – Petugas Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Bojonegoro melakukan ramp check (inspeksi keselamatan berkendara) di Terminal Rajekwesi. Pemeriksaan dilakukan mulai dari kesehatan sopir dan kelaikan kendaraan. Selain itu, karena masih dalam situasi pandemi, petugas juga melakukan rapid tes sebagai bentuk tracing bagi sopir angkutan umum.

Kasat Lantas Polres Bojonegoro AKP Heru Sudjio mengatakan, ramp check dilakukan sebagai bentuk antisipasi kesiapan libur natal dan tahun baru (nataru). Selama libur nataru diharapkan tidak menjadi momen penyebaran Covid-19 lebih meluas. Pihaknya juga sudah mengimbau agar masyarakat yang bekerja atau menempuh pendidikan di luar daerah agar tidak mudik.

“Namun yang perlu kita waspadai adalah jika masih ada yang mudik menggunakan kendaraan umum. Sehingga setelah kita persiapkan ini, baik kelayakan kendaraan dan penyebaran Covid-19 bisa diantisipasi,” ujarnya, Kamis (17/12/2020).

Dalam kegiatan ramp check tersebut, petugas melakukan pemeriksaan kesehatan bagi sopir angkutan umum berupa tes urin dan rapid tes. Sedangkan pengecekan kendaraan, dinilai dari kelaikan jalan armda yang memiliki trayek dari Terminal Rajekwesi Kabupaten Bojonegoro. “Sebanyak 25 sopir yang dirapid tes hasilnya non reaktif, dan lima kendaraan tidak laik jalan,” ungkapnya

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Bojonegoro Andik Sudjarwo mengungkapkan, lima kendaraan bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang tidak laik jalan diantaranya ada tiga pelanggaran. Yaitu, penyimpangan trayek, armada bus yang sudah tidak laik jalan dan kartu pengawasan trayek telah mati.

“Rekomendasi kami agar pihak perusahaan otobis (PO) segera melakukan perbaikan,” ungkapnya. [lus/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar