Peristiwa

Satgasmar Ambalat XXV Resmi Bertugas di Sebatik

Sebatik (beritajatim.com) – Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II Laksamana Pertama TNI Rahmat Eko Raharjo, M.Tr.Hanla memimpin upacara serah terima Satgas Marinir Ambalat di lapangan Pos Kotis Sei Bajo, Sebatik, Nunukan, Kalimantan Utara, Selasa (10/12/2019).

Satgasmar Ambalat XXIV dengan Komandan Satgas Kapten Marinir Mikael Rolen telah selesai melaksanakan tugas selama sembilan bulan di pulau Sebatik yang berbatasan langsung dengan Malaysia tersebut telah resmi digantikan oleh Satgasmar Ambalat XXV dengan Komandan Satgas Kapten Marinir Shobirin, S.S.Than.

Di daerah penugasan, Satgasmar Ambalat XXV menempati beberapa pos diantaranya Pos Sei Pancang, Sei Taiwan, Balansiku, Sei Bajo, Tembaring dan Bambangan. Dalam amanatnya Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II Laksamana Pertama TNI Rahmat Eko Raharjo mengatakan, untuk menyikapi permasalahan batas wilayah perairan Yuridiksi Nasional khususnya di sekitaran Karang Unarang dan wilayah konsesi eksplorasi minyak blok Ambalat, maka Koarmada II melaksanakan operasi perbatasan sepanjang tahun di wilayah tersebut, dengan melibatkan unsur tempur laut, unsur udara dan Pangkalan serta prajurit Korps Marinir.

Sebagai prajurit TNI, lanjutnya, penugasan dalam rangka menjaga kedaulatan negara merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan yang harus dilaksanakan dengan ikhlas dan penuh keseirusan. “Korps Marinir dikenal selalu dekat dengan rakyat sehingga citra tersebut harus dijaga dengan senantiasa memelihara disiplin individu maupun satuan, agar terhindar dari tindakan yang merugikan dan menyakiti hati rakyat, bahwa keberhasilan suatu penugasan akan tercapai bila kita dicintai oleh rakyat,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Danguspurla Koarmada II menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada prajurit Satgas Marinir Ambalat XXIV atas dedikasi dan loyalitas serta disiplin prajurit Marinir selama melaksanakan tugas pengamanan perbatasan serta selamat kembali ke satuan masing-masing dan bertemu dengan keluarga tercinta.

Danguspurla Koarmada II juga menyampaikan bahwa Satgasmar Ambalat XXV berada di bawah kendali Danguspurla Koarmada II selaku Komandan Satgasla, yang berada dibawah Pangkoarmada II selaku Panglima Komando Tugas Gabungan Ambalat.

Sebelum mengakhiri amanatnya Danguspurla Koarmada II menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan kepada Satgas Marinir Ambalat XXV yaitu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa, memegang teguh Sapta Marga dan Sumpah Prajurit serta Trisila TNI AL sebagai dasar pengabdian kita sebagai prajurit matra laut, meningkatkan semangat dan profesionalisme prajurit Korps Marinir, serta mengembangkan mental dan naluri intelijen untuk menghadapi segala perubahan dan perkembangan situasi dan kondisi daerah operasi.

Selain itu juga memelihara solidaritas dan kerjasama yang baik setiap anggota Satgas serta mengutamakan keamanan dan keselamatan personel maupun material khususnya dalam penggunaan peluru tajam dan senjata strategis lainnya dan melaksanakan koordinasi yang baik dengan aparat terkait, melakukan pendekatan dengan masyarkat serta menghindari tindakan atau perilaku yang dapat merugikan kepentingan bangsa dan negara.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Aslog Danguspurla Koarmada II Kolonel Laut (P) Sulasto, Dansatmar Koarmada II Kolonel Marinir Agung, Danlanal Nunukan Letkol Laut (P) Anton Pratomo, SE, M.Tr.Hanla, Danyonif I Mar Letkol Mar Danang Wahyu Isbiantoro, M.Tr.Hanla, Komandan KRI Teluk Lampung Mayor Laut (P) Edi Herdiana, M.Tr.Hanla, Danramil 0911-02/Sbt Mayor Inf M. Bakri, Danki Satgas Pamtas Yonif R 600/Mdg Kapten Inf Reza, Kapolsek Sebatik Timur Ipda Satino, Para Camat Sebatik serta Para tokoh Agama dan Masyarakat Sebatik. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar