Peristiwa

Sardog Jatim Sterilisasi Gereja di Malang Untuk Antisipasi Serangan Teroris

Tim Sardog Jatim melakukan sterilisasi gereja di Malang.

Malang(beritajatim.com) – Tim Sardog Jatim melakukan sterilisasi gereja di Malang, pertama di sebuah gereja di Tumpang dan lokasi kedua di Gereja Maria Diangkat ke Surga, di Jalan Bunga Lely, Kota Malang. Sterilisasi ini untuk meminimalisir kekhawatiran masyarakat, utamanya yang akan beribadah, terkait kasus terorisme yang marak dalam satu bulan terakhir.

“Area gereja semua disterilisasi dengan 4 anjing Combat Sar. Anjing sempat mengidentifikasi menyerupai bahan peledak ternyata tempat lilin di altar itu korek kayu. Kesimpulannya dinyatakan clear,” kata General Manager Sardog Jatim, Gagah Soeryo Pamoekti, Kamis, (1/4/2021).

Pria yang juga menjadi Legislator Kota Malang itu mengungkapkan, hingga Sabtu malam jelan Minggu Paskah. Ada 5 gereja yang masuk dalam daftar sterilisasi. Tugas yang mereka lakukan untuk membantu tugas TNI/Polri dalam mengantisipasi serangan terorisme.

“Total, kami akan berkeliling ke lima gereja secara bergantian. Proses sterilisasi ini kami lakukan tergantung permintaan. Kalau ada yang minta, kami dengan sangat senang hati membantu. Kami secara swadaya, membantu tugas TNI/Polri untuk melakukan antisipasi. Kami memberikan sumbangsih apa yang kami punya,” ujar Gagah.

Sementara itu, Ketua Dewan Pastoral Paroki gereja, Theresia Puji Astutik berterimakasih karena tim Sardog Jatim melakukan sterilasi gereja. Dia mengajak jemaat untuk tidak takut dan tetap melakukan ibadah seperti biasanya.

“Sterilisasi agar umat merasa nyaman saat beribadah. Tidak usah merasa takut, tetap beribadah. Saling menjaga diri sendiri dan tetap waspada. Setiap sesi, ada 350 sampai 400 orang. Sesuai imbauan pemerintah, kapasitas maksimal 50 persen dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” tandas Theresia Puji. (Luc/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar