Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Sarang Tawon Ndas Ukuran Jumbo Teror Warga Jombang

Petugas PMK Jombang mengevakuasi sarang tawon berukuran Jumbo di halaman rumah warga Desa Candimulyo

Jombang (beritajatim.com) – Sarang tawon ndas berukuran jumbo meresahkan warga Desa Candimulyo, Kecamatan/Kabupaten Jombang. Sarang tersebut dihuni ribuan tawon. Warga sering menjadi korban sengatan hewan berbisa itu. Karenanya, warga kemudian meminta bantuan petugas PMK (pemadam kebakaran) untuk mengevakuasi sarang yang ukurannya sebesar kepala sapi itu.

Sarang tawon berada di pohon mangga depan rumah milik Cik Mui (80). Menurut Cik Mui, dia baru mengetahui keberadaan hewan tersebut setelah mendapatkan laporan dari para tetangga. “Ternyata banyak warga yang kena sengatan hewan itu. Akhirnya, saya minta bantuan ke PMK,” kata Cik Mui, Kamis (21/11/2019).

Begitu datang ke lokasi, sejumlah petugas PMK cukup berhati-hati. Mereka mengenakan peralatan keamanan dan pelindung. Satu unit mobil PMK juga dikerahkan. Nampak sarang tawon sebesar kepala sapi menggantung di ranting pohon mangga. Petugas kemudian menyemprot sarang tersebut dengan obat serangga.

Proses ini cukup lama, sebab jumlah tawon yang mencapai ribuan mulai terusik dan satu per satu keluar dari sarang. Setelah dirasa aman, barulah petugas memotong satu demi satu ranting yang menghalangi proses evakuasi. Selanjutnya, sarang lebah tersebut diambil dan dimasukkan ke dalam karung plastik untuk dimusnahkan di tempat yang aman dan jauh dari pemukiman.

“Kesulitannya hanya karena ada cabang dan ranting pohon mangga yang menghalangi, makanya kami pakai insektisida untuk melupuhkan tawon-tawon itu,” ujar salah satu petugas PMK, Saeroji. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar