Peristiwa

Sampah di Bangkalan Kian Menumpuk

Bangkalan (beritajatim.com) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangkalan menargetkan pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah, Reduce, Reuse dan Recycle (TPS3R) yang dibangun di enam titik bisa rampung dan digunakan tahun 2021 mendatang.

Kepala DLH Anang Yulianto melalui Kabid pengelolaan sampah dan limbah B3 DLH setempat Yudhistiro mengatakan, pembangunan TPS3R terus dikebut agar bisa mengurangi volume sampah di wilayah perkotaan.

“Seiring pertumbuhan penduduk, sampah yang dihasilkan semakin banyak. Sehingga, perlu dilakukan pemberdayaan masyarakat untuk ikut andil dalam pengelolaan sampah ini,” jelasnya, Minggu (18/10/2020).

Diketahui, enam lokasi TPS3R itu terletak di kelurahan Mlajah, Martajasah, Tonjung, Pejagan, Pangeranan serta satu lokasi di Bancaran.

“Untuk pembangunannya sendiri tiap lokasi dianggarkan Rp 600 juta. Yang dua dari dana pusat dan yang 4 dari DID,” tambahnya.

Nantinya TPS3R tersebut akan dikelola langsung oleh kelompok swadaya masyarakat (KSM) di masing-masing lokasi. Diharapkan, setelah TPS3R difungsikan, limbah rumah tangga di perkotaan semakin minim.

“Tentu itu nanti juga akan bisa dikelola dan bernilai ekonomis, sehingga ada dua manfaat yang diperoleh,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Komisi C, Effendi mengatakan adanya TPS3R akan membantu masyarakat. Namun, perlu dilakukan pendekatan dengan tokoh dan masyarakat agar pembangunannya tidak menimbulkan polemik.

“Bagus itu, namun perlu disosialisasikan supaya tidak malah muncul permasalahan,” tandasnya. [sar/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar