Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Sambut Imlek, Begini Persiapan Klenteng Kwan Sing Bio Tuban

Suasana di Klenteng Kwan Sing Bio Tuban menyambut Tahun Baru Imlek ke 2573. [foto : M Muthohar]

Tuban (beritajatim.com) – Menyambut pelaksanaan tahun baru Imlek yang ke 2573, Klenteng Kwan Sing Bio (KSB) yang ada di jalan RE Martadinata, Kota Tuban melakukan berbagai persiapan, Jumat (28/1/2022).

Pengurus Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio tersebut membersihkan sekitar tempat ibadah. Selain itu, untuk menyambut tahun baru Imlek kali ini klenteng tersebut juga memberikan bingkisan sembako untuk para umatnya.

“Imlek tahun ini adalah tahun shio Macan Air. Karena ini masih suasan covid persiapan kita ya sederhana saja, kita bersih-bersih untuk sembayangan,” terang Alim Sugiantoro, selaku penilik demisioner TITD Kwan Sing Bio Tuban.

Selain bersih-bersih dan juga pemasangan ratusan lampion, untuk memperindah suasana di klenteng terbesar se Asia Tenggara itu juga dibuatkan patung macan. Patung tersebut terpasang di lorong pintu masuk ke dalam kawasan klenteng Kwan Sing Bio.

Alim menjelaskan, dalam pelaksanaan tahun baru Imlek nanti klenteng Kwan Sing Bio Tuban tidak mengadakan acara perayaan seperti tahun-tahun sebelum pandemi. Sehingga, sebelum Imlek ini, pihaknya memberikan bingkisan kepada umatnya yang kurang mampu. “Dengan begitu, mereka bisa merayakan Imlek di rumah bersama keluarganya,” paparnya.

Sementara itu, tahun Shio Macan sendiri diyakini oleh mereka sebagaimana filosofi sangat tangguh dan perkasa. Sedangkan Air adalah kebutuhan hidup manusia, jadi semua rezeki bisa bertambah, kesehatan juga bagus, minimal bisa menangkal Covid-19. “Secara umum tahun Shio Macan Air ini adalah tahun yang bagus,” pungkasnya. [mut/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar