Peristiwa

Sambut 1 Muharam, 120 Anak Yatim Ikuti ‘Happy Camp’ di Tebuireng

Sekitar 120 anak yatim sedang mengitari api unggun di halaman Unhasy Tebuireng Jombang

Jombang (beritajatim.com) – Sedikitnya 120 anak yatim mengikuti happy camp di halaman Unhasy (Universitas Hasyim Asy’ari) Tebuireng Jombang. Acara yang digelar Forsil (Forum Silaturahmi Laz/Lembaga Amil Zakat) se-Jombang ini dalam rangka menyambut 1 Muharam 1441 Hijirah.

Selain berasal dari sejumlah desa yang ada di Kabupaten Jombang, para anak yatim tersebut juga ada yang berasal dari Kecamatan Ngimbang, Lamongan. Mereka menginap selama satu malam, Sabtu hingga Minggu (31 Agustus-1 September 2019).

Tentu saja, wajah-wajah ceria anak yatim terlihat mulai awal acara hingga akhir. Mereka antusias mengikuti kegiatan demi kegiatan. “Happy camp ini dalam rangka menyambut tahun baru Islam atau tahu baru Hijriah. Seluruh anak yatim menginap semalam di sini (Unhasy),” ujar Ketua Forsil Jombang Ustaz Afif Abdul Rokhim, Minggu (1/9/2019).

Afif menjelaskan, happy camp tersebut diisi dengan sejumlah acara. Diantaranya, dongeng islam, fun game, motivasi, pemberian santunan dan peralatan sekolah, napak tilas sejarah pesantren Tebuireng, serta sejarah Islam di Jombang.

Berapa peserta yang hadir? Ketua Forsil mengatakan, kegiatan ini diikuti 120 anak yatim yang berasal dari Jombang. Bahkan ada yang berasal dari Kecamatan Ngimbang, Lamongan. “Tujuan acara ini tidak hanya untuk menghibur adik-adik yatim, tapi juga mengedukasi dan memotivasi adik-adik untuk menjadi anak yang hebat dalam pendidikan, serta hebat dalam ber-Islam,” sambungnya.

Anak yatim yang mengikuti happy camp sedang mendengarkan dongeng islami

Afif menandaskan, kegiatan serupa akan terus dikembangkan menjadi agenda rutin untuk menyalurkan bantuan sosial kemanusian, guna membantu fakir miskin, dhu’afa dan anak-anak yatim.

“Ada sembilan lembaga amil zakat yang tergabung di Forsil Jombang, yaitu Yatim Mandiri, LSPT (Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng), LAZ-UQ, Alizzah Peduli, BMH, Rombong Sedekah, Al-Haromain, LAZIS-NU, serta LAZIS-MU,” pungkasnya. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar