Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Peringati Tahun Baru Islam

Salimah Bangun Baitul Quran di Wonosalam Jombang

Pengurus Salimah menghadiri peletakan batu pertama BQS (Baitul Quran Salimah) di Wonosalam Jombang

Jombang (beritajatim.com) – Organisasi massa yang berbasis wanita, Persaudaraan Muslimah (Salimah) melakukan peletakan batu pertama Baitul Quran Salimah (BQS), Sabtu (30/7/2022), di Dusun Notorejo, Desa/Kecamatan Wonosalam Jombang Jatim. Selain itu, Salimah juga memberikan santunan kepada 40 anak yatim.

Kegiatan tersebut sengaja dibarengkan dengan peringatan tahun baru 1444 Hijriah. Tentu saja, sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, juga hadir dalam acara tersebut. Nampak pula Ketua PP (Pengurus Pusat) Salimah, Ketua PW (Pengurus Wilayah) Jatim dan Ketua PD (Pengurus Daerah) Salimah Jombang serta kepala Desa Wonosalam.

Ketua Umum PP Salimah Etty Praktiknywati dalam sambutannya menjelaskan, Baitul Quran Salimah Wonosalam nantinya diproyeksikan sebagai tempat belajar Quran untuk perempuan lanjut usia. “Ini sebagaimana amanah dari Bu Juwanah dan keluarga selaku muwakif tanah di wonosalam ini,” ujar Ketua PP Salimah periode 2020 – 2025 ini.


Pembangunan Baitul Quran, menurut Etty, bukan tanpa alasan. Salah satunya adalah hasil pendataan Dewan Masjid Indonesia (DMI) di akhir tahun 2021, bahwa 65% penduduk Indonesia belum bisa membaca Alquran. “Harapannya, dengan dibangunnya Baitul Quran Salimah, lansia Wonosalam bisa ikut ambil bagian memberantas buta aksara Alquran. Kondisi Wonosalam yang sejuk dan indah sangat mendukung untuk itu,” terangnya.

Salimah memberikan santunan untuk 40 anak yatim

Rencananya, selain Masjid, juga akan dibangun villa dan tempat pelatihan yang bisa dimanfaatkan semua lapisan masyarakat. “Untuk kebutuhan dana diproyeksikan mencapai Rp2,5 Miliar. Kegiatan Fundraising dikoordinasikan oleh Lembaga Wakaf Salimah (LWS) di Jakarta,” ungkapnya.

Kepala Desa Wonosalam, Samuki menyambut gembira pembangunan Baitul Quran Salimah. Dia berharap Salimah sebagai bagian dari ormas Islam bisa bahu membahu dengan seluruh lapisan masyarakat di Wonosalam dalam rangka mencari solusi dari problematika yang ada.

“Selain masalah buta huruf Alquran, kami berharap Salimah juga bisa berpartisipasi dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat terutama dalam bidang ekonomi. Karena hal tersebut bisa membantu masyarakat Wonosalam,” ujar Samuki saat berada di lokasi acara.

Rahma selaku Ketua LWS mengungkapkan, sampai saat ini terkumpul dana Rp 250 juta dan masih terus menerima donasi dari masyarakat. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev