Peristiwa

Rumpon Hilang, Nelayan Banyuates Optimis Akan Terima Ganti Rugi dari Petronas

Sampang (beritajatim.com) – Kegiatan kapal survei rencana eksplorasi migas Blok Hidayah 1 Petronas Carigali selama sepekan di perairan Pantura Sampang, diduga merusak 7 rumpon atau sarang ikan milik nelayan di Desa Banyuates, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang.

“Kalau ada ganti rugi akan kami terima. Tetapi kami tidak begitu berharap. Sebab, memang rumpon ini sering hilang bukan karena adanya kapal survei saja, melainkan kadang karena cuaca,” terang Ludin, Ketua kelompok nelayan Dewa Suci, Kecamatan Banyuates, Rabu (22/10/2020).

Hal senada juga dikatakan  Jamal. Menurutnya, rumpon yang hilang tersebut sebenarnya tidak membuat resah nelayan. Sebab, masih ada rumpon cadangan lainnya. Selain itu, dirinya tidak perlu khawatir karena dari pihak Petronas pasti akan memberikan ganti rugi seperti saat eksplorasi blok Ketapang beberapa tahun silam.

“Saya yakin Petronas akan mengganti rumpon nelayan yang hilang,” ujarnya.

Secara terpisah, Kepala Desa Banyuates, Nurul Hasanah, mengaku telah menerima data valid tentang hilangnya rumpon nelayan di desanya sebanyak 7 buah. “Sudah saya laporkan kepada Pak Camat dan dalam waktu dekat akan dibahas untuk diajukan kepada Petronas,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Banyuates, Fajar Sidik saat dihubungi melalui jaringan telepon menjelaskan bahwa masalah rumpon dampak dari kapal survei rencana pengeboran di 6 mil wilayah Kecamatan Banyuates, sampai detik ini masih dalam proses identifikasi.

“Jangan khawatir Mas, nanti pasti akan dirilis dan semua pemilik rumpon akan dihadirkan. Sementara ini, memang hanya Desa Banyuates yang sudah valid, sedang desa lainnya masih belum. Tetapi, kami informasikan¬† bahwa rumpon nelayan yang banyak hilang berada di daerah Desa Nepa, bukan di Banyuates,” tandasnya.

Sekadar diketahui, untuk rumpon nelayan yang sudah dipastikan hilang di Desa Banyuates dengan total sebanyak 7 rumpon, rinciannya milik Ludin 2, Jamal 2, Sakur 1, Sulhan 1 dan Seli 1.[sar/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar