Peristiwa

Rumah Tiga Lantai di Surabaya Terbakar, Penghuni Berlarian

Petugas saat memadamkan api di perumahan Karah Taman Asri I, Surabaya, Minggu (13/6/2021). [Foto/Damkar]

Surabaya (beritajatim.com) – Sebuah rumah lantai tiga milik Hj Masitah di kawasan Perumahan Karah Taman Asri, Surabaya, terbakar, Minggu (13/6/2021). Bagian yang terbakar adalah di lantai dua dan tiga.

Kepala Bidang Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya Bambang Vistadi menjelaskan, kebakaran diperkirakan terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Selanjutnya, petugas meluncur ke lokasi dan sudah sampai sekitar pukul 16.20 WIB.

Terlebih posko terdekat lokasi perumahaan ini juga siaga mobil pemadam dengan kapasitas 10 ribu liter dan 5 ribu liter. Walhasil pemadaman cepat dilakukan dengan mudah. “Sekitar 30 menit kemudian api pokok sudah padam. Kita melakukan pengepungan empat titik di dua gang. Supaya api pokok tak membesar dan api tak menyebar ke rumah tetangga,” jelasnya.

Bambang memaparkan, untuk lokasi kebakaran sendiri berukuran 7 x 14 meter. Lantai 2 dan 3 terbakar semua. Dugaan sementara, kebakaran disebabkan setrika. “Tidak ada korban. Api diduga dari setrika. Saat api membara semua penghuni rumah lari keluar. Untuk lantai satu aman tidak ada yang terbakar Lantai tiga tempat jemuran,” tegasnya.

Dalam insiden ini petugas menerjunkan 14 unit mobil pemadam kebakaran. Mobil dengan kapasitas tangki air 5 ribu liter dan 10 ribu liter, memadamkan api dengan sistem kepung api pokok di beberapa titik penyemprotan.

“Jadi kami imbau supaya jangan meninggalkan setrika dalam kondisi menyala, jangan membakar sampah, jangan lupa ganti kabel atau panel listrik tang sudah usang. Beberapa hal itu merupakan penyebab kebakaran terbanyak di Kota Surabaya,” pungkas Bambang. [man/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar