Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Rumah Terkena Longsor, 4 Keluarga di Senori Tuban Diminta Mengungsi

Kondisi rumah warga yang menggantung akibat terdampak longsor di Desa Kaligede, Kec Senori, Tuban.

Tuban (beritajatim.com) – Puluhan meter tanggul penahan atau plengsengan bantaran sungai yang ada di Dusun Sarang, Desa Kaligede, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban mengalami longsor hingga kedalaman beberapa meter setelah berjam-jam diguyur hujan.

Akibat kejadian itu sebanyak empat bangunan rumah warga yang ada di pinggir sungai itu ambles dan mengalami kerusakan pada bagian belakangnya. Hal tersebut membuat empat Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya rusak harus mengungsi sementara, Selasa (8/3/2022).

Longsornya tanggul sungai yang ada di pinggir jalan poros desa itu sudah mulai terjadi sejak beberapa waktu lalu. Namun, kondisi longsor tersebut semakin parah pada Senin (7/3/2022) kemarin setelah hujan deras mengguyur wilayah itu dan sungai mengalami banjir.

“Kronologinya terjadi pada tanggal 07 Maret 2022 kemarin sekitar pukul 17.00 Wib terjadi hujan deras. Kemudian mengakibatkan longsor itu di wilayah RT 12 RW 3, Dusun Sarang, Desa Kaligede dekat jembatan jalan poros desa,” terang Minto Ichtiar, Camat Senori, Kabupaten Tuban.

Longsornya tanggul yang ada di pinggir sungai tersebut membuat empat rumah warga yang persis berada di sekitar sungai itu ikut ambles. Bagian pondasi belakang empat rumah warga itu kondisinya sudah menggantung dan rawan terjadinya ambruk.

Sebanyak empat rumah warga yang mengalami kerusakan akibat terjadi longsor itu merupakan rumah milik Sumarno, Irul, Nur Kholis dan rumah milik Narto. Karena kondisi rumah yang sudah sangat mengkhawatirkan dan rawan terjadinya longsor susulan, maka warga diminta untuk mengungsi sementara.

“Tindakan awal, kita telah berkoordinasi dengan BPBD, UPT PUPR PRKP. Dan kita meminta warga untuk sementara mengungsi ke tetangga terdekat yang dinilai lebih aman,” sambungnya.

Kondisi rumah warga yang menggantung akibat terdampak longsor di Desa Kaligede, Kec Senori, Tuban.

Sementara itu, tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban yang mendapatkan adanya laporan itu telah mendatangi lokasi longsor tersebut untuk melakukan pendataan lebih dalam. Sehingga warga mengharapkan keberadaan tanggul sungai yang longsor itu segera bisa dilakukan penanganan.[mut/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar