Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Rumah Diserang Hama? 4 Tanaman Ini Ternyata Ditakuti Oleh Tikus

(Foto: Himanshu Sharma, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Tikus merupakan hama dan hewan pengerat yang banyak dibenci oleh masyarakat. Selain mengganggu hasil pertanian, tikus juga merusak banyak perabotan di rumah, baik alat masak, baju, furnitur, atau bangunan rumah itu sendiri. Tak heran jika banyak orang yang ingin memusnahkan hewan kecil ini.

Salah satu cara yang paling banyak digunakan mengusir tikus adalah menggunakan pestisida dan racun tikus. Namun, jika kalian lebih menyukai cara alami, kalian bisa menggunakan tanaman.

Tanaman? Pasti terdengar aneh jika ternyata tanaman juga ampuh untuk mengusir tikus. Hal ini dikarenakan ada beberapa tanaman yang memiliki aroma menyengat dan tidak disukai oleh tikus. Diantaranya adalah beberapa tanaman di bawah ini.

1. Mint

Tanaman herbal yang satu ini memiliki banyak varietas, dan beberapa diantaranya memang ampuh untuk mengusir tikus dan serangga. Seperti varietas spearmint yang memiliki aroma paling menyengat. Selain itu, daunt juga sangat mudah untuk dipelihara, lantaran tak membutuhkan media tanam khusus dan bisa berkembang dengan subur di tempat yang banyak terkena sinar matahari. Tak hanya itu, daun mint juga banyak dicampurkan dalam olahan makanan maupun minuman.

2. Lavender

Bukan hal yang baru jika tanaman lavender banyak digunakan untuk mengusir nyamuk. Bahkan aromanya yang kuat seringkali menjadi bahan dalam kandungan obat nyamuk. Seperti pada lotion anti nyamuk atau pada obat nyamuk bakar dan elektrik. Namun siapa sangka bahwa tanaman ini juga bisa menjadi pengusir tikus dan serangga.

Jadi, bisa dibilang bahwa tanaman yang memiliki bunga berwarna ungu ini bisa mengusir segala hewan yang mengganggu dalan satu waktu. Lavender sangat cocok ditanam pada suhu yang kering dan banyak terpapar sinsr matahari.

3. Sirsak

Selanjutnya, tanaman yang bisa kalian manfaatkan adalah tanaman buah sirsak. Daunnya mengeluarkan bau menyengat yang dibenci oleh tikus. Kalian bisa menyobek daun sirsak dan menyebarkannya di sudut tempat tikus sering singgah dan berkeliaran. Dengan itu, tikus menjsdi tidak bersni lewat dan pergi dari rumah karena tak tahan dengan aromanya.

4. Bawang putih

Bawang putih umumnya menjadi salah satu bumbu pelengkap dalam olahan makanan. Namun karena aromanya yang pekat, tikus jadi tidak suka dan menjauh. Selain dengan menyebarkan potongan bawang putih di sudut rumah, kalian bisa menanam pohon bawang putih di belakang rumah untuk mengusir tikus dalam jangka waktu panjang.

5. Cabe rawit

Meskipun cabe adalah rahasia bahan sambal pedas masyarakat Indonesia, rupanya tanaman ini banyak ditakuti oleh binatang, termasuk tikus. Kalian bisa menanamnya di pot kecil agar tikus merasa ketakutan hingga akhirnya pergi dari rumah kalian. Keuntungan lainnya, kalian jadi tidak perlu lagi belanja cabe di pasar.

Lihat, hewan yang biasanya merusak tanaman padi ternyata juga memiliki ketakutan pada tanaman tertentu lho. Kalian bisa coba cara-cara di atas jika memang tidaj suka dengan pestisida, namun hasilnya mungkin tidak akan instan seperti penggunaan racun tikus. [mnd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar