Peristiwa

Ruas Jalan Ponorogo-Pacitan Amblas

Ponorogo (beritajatim.com) – Arus lalu lintas Ponorogo – Pacitan sejak Kamis (20/2/2020) pagi tidak berjalan lancar. Pasalnya, ruas jalan yang berada di jalan Raya Ponorogo – Pacitan Kilometer 226 Jatim/Kilometer 32 Ponorogo, tepatnya di Desa Wates Kecamatan Slahung Ponorogo, mengalami amblas. Amblasnya jalan ini sepanjang 6 meter dengan lebar 3 meter dan kedalaman 10 meter dari jalan.

Menurut pantauan beritajatim.com di lokasi, ruas jalan yang amblas, Satlantas Polres Ponorogo menggunakan sistem buka tutup untuk kendaraan yang melintasi lokasi jalan amblas tersebut. Yang boleh melintas pun, tidak semua kendaraan, hanya sepeda motor, mobil pribadi dan kendaraan denga n berat maksimal 4 ton. Sedangkan kendaraan roda 6 dengan berat lebih 8 ton dialihkan, karena bisa menimbulkan gerakan dan ditakutkan terjadi amblas lagi.

“Kami sebenarnya untuk jalur ini sudah dicek dan survei berkali-kali, memang lokasi kilometer 32 ini rawan longsor,” kata Kasat Lantas Polres Ponorogo, AKP Wisnu Kuncoro, Kamis (20/2/2020).

Untuk sementara jalur Ponorogo – Pacitan ini ditutup khusus kendaraan yang tonasenya diatas 8 ton. Dialihakan ke arah Wonogiri – Pacitan. Jadi di perempatan tambakbayan nanti akan diberi pemberitahuan untuk diarahkan ke barat menuju Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Demikia dengan arah Pacitan yang mau ke Ponorogo juva dialihkan melewati rute yang sama, dengan mengarah ke arah tembusan Tambakbayan. “Kami akan sosialisasikan dengan dinas terkait bahwa jalur ini hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda 2 dan 4 saja,” katanya.

Wisnu menambahakan jika dari satlantas maupun Polsek setempat akan mensiagakan pegugas selama 24 jamjam, sampai perbaikan jalan selesai. Pihaknya juga akan mengupayakan penerangan dititik-titik sekitar lokasi ruas jalan yang amblas. “Sekitar lokasi penerangannya kurang, kita upayakan ada lampu. Sehingga tetap bisa digunakan meski hanya sebatas roda 2 dan roda 4,” pungkasnya.(end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar