Peristiwa

Ruas Jalan Nasional Ponorogo-Pacitan Ambles, Lalu Lintas Pakai Sistem Buka Tutup

Ruas Jalan Nasional Ponorogo-Pacitan Ambles, Lalu Lintas Pakai Sistem Buka Tutup

Ponorogo (beritajatim.com) – Salah satu ruas jalan nasional, yang menghubungkan Ponorogo – Pacitan ambles. Tepatnya jalan yang berada di Desa Wates Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo. Ruas jalan yang ambles lebih separuh lebih itu, dikarenakan hujan yang sering turun di wilayah tersebut.

“Di Desa Wates itu sudah berkali-kali ambles, dititik yang sama. Kalau tidak salah dua tahun lalu, juga pernah longsot separuh jalan,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiono, Minggu (7/2/2021).

Waktu itu oleh Bina Marga Provinsi Jatim sudah diperbaiki. Namun, kini dilokasi yang sama ambles lagi. Budi menyebut jika lokasi termasuk dalam wilayah tanah gerak. Sehingga jika diguyur hujan, tanahnya retak-retak. “Tanah yang retak itu kalau tidak segera ditutup, air akan masuk dan akhirnya mempengaruhi pergerakan tanahnya,” katanya.

Selain faktor alam, amblesnya ruas jalan itu juga bisa dipengaruhi mobilisasi kendaraan yang lewat di tempat tersebut. Jalan yang ambles itu mencapai panjang 12 meter dengan lebar 3 meter. Saat ini, petugas menutup jalan yang ambles itu dengan terpal, supaya air tidak masuk ke situ. “Amblesnya sejak kemarin, beruntung tidak ada yang melintas saat ambles tersebut,” katanya.

Akibat kejadian tersebut, di lokasi itu diberlakukan sistem buka tutup. “Jadi yang bisa dilalui cuma satu jalur, sehingga diberlakukan sistem buka tutup. Untuk kendaraan dengan muatan berat tidak boleh melintas,” pungkasnya. (end/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar