Peristiwa

Rp 25 M untuk Perbaikan Jalan Ambrol di Jember Selama 2 Tahun

Jember (beritajatim.com) – Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Jawa Timur menyediakan anggaran Rp 25 miliar untuk memperbaiki bantaran Sungai Jompo di Jalan Sultan Agung, Kabupaten Jember, yang ambrol pada 2 Maret 2020 lalu.

“Anggaran itu multiyears (anggaran tahun jamak) pada 2020 dan 2021. Kurang lebih anggaran Rp 6 miliar dikerjakan sampai akhir tahun ini,” kata Ketua Komisi C DPRD Jember David Handoko Seto. Kontrak rekanan pemenang yang mengerjakan proyek ini ditandatangani hari ini, Selasa (22/9/2020).

David meminta kepada BPJN agar lebar ruas jalan tetap 25 meter. “Ruko yang ada (di atas bantaran) menjadi tanggungan Pemerintah Kabupaten Jember agar menyosialisasikan hal ini kepada para penghuninya untuk segera melakukan relokasi,” katanya.

“Kemudian, tidak menutup kemungkinan, ruko segera dibongkar karena berdiri di atas bantaran sungai dan bahu jalan. Itu memungkinkan direlokasi, kalau kemudian berdasarkan hasil kajian itu berisiko ambruk juga pada suatu saat,” kata David.

Jalan Raya Sultan Agung di Kabupaten Jember, Jawa Timur, sempat ditutup total, Senin (2/3/2020), menyusul ambrolnya salah satu titik di jalan tersebut. Jalan Sultan Agung adalah jalan nasional dan salah satu jalan protokol di Jember. Jalan tersebut ambrol pada pukul 04.15 WIB dan membuat sepuluh rumah toko ikut amblas ke dalam sungai yang berada di bawah jalan tersebut. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar