Peristiwa

Antisipasi Penyebaran Covid-19

Rombongan Santri Sidogiri Jalani Pemeriksaan Kesehatan di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Rombongan santri Pondok Pesantren Sidogiri yang tiba di Terminal Kargo, Jl Raya Tlanakan, menjalani proses pemeriksaan kesehatan dari Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Pamekasan, Kamis (2/4/2020) siang.

Pemeriksaan tersebut sebagai langkah antisipatif sekaligus upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah virus corona, rombongan santri yang dibagi dalam lima bus pariwisata langsung menjalani rangkaian pemeriksaan kesehatan dari tim satgas.

Bahkan barang bawaan para santri yang diletakkan di bagasi bus, juga tidak lepas dari penyemprotan disinfektan. Mereka juga disambut langsung oleh Bupati Pamekasan, Badrut Tamam bersama jajaran, termasuk tim satgas yang terdiri dari berbagai unsur berbeda.

“Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan sebagai upaya dan langkah antisipatif dalam mencegah penyebaran wabah virus corona, seperti yang kita lakukan bagi rombongan santri lain yang tiba di Pamekasan, beberapa hari sebelumnya,” kata Bupati Pamekasan, Badrut Tamam.

Memang dalam tiga hari terakhir, tim Satgas Covid-19 Pamekasan siaga di Posko Penjemputan di area terminal Kargo. Termasuk melakukan pemeriksaan kesehatan rombongan santri asal Lirboyo, Kediri, Lumajang hingga santri Pesantren Nurul Jadid Paiton, Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Badrut Tamam juga mengimbau para santri untuk bersama meningkatkan kewaspadaan sebagai langkah pencegahan atas penyebaran virus corona. “Kami juga mengimbau saat tiba di rumah, untuk sementara para santri menahan diri dan melakukan isolasi mandiri selama 14 kedepan,” imbaunya.

“Tidak kalah penting kami juga mengingatkan kembali agar para santri juga menerapkan pola hidup bersih dan sehat, apalagi nantinya mereka juga akan diawasi oleh tim selama masa isolasi. Jika ada yang kurang sehat, segera datang ke puskesmas terdekat untuk melakukan pemeriksaan,” pungkasnya. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar