Peristiwa

Ribuan Santri Pulang ke Bangkalan, 9 Bersuhu Tinggi

Bangkalan (beritajatim.com) – Sembilan santri dari 1.263 asal pondok pesantren Sidogiri, Kabupaten Pasuruan, memiliki suhu di atas 37 derajat celcius saat dilakukan pemeriksaan di Terminal Bangkalan, Kamis (2/4/2020).

Meski lokasi pondok para santri masih dalam status zona hijau, 9 santri ini akan dilakukan pemantauan oleh petugas yang tersebar di masing-masing daerah. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi agar tak terpapar penyakit menular.

Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron yang berada di lokasi mengatakan, para petugas akan memantau 9 santri tersebut. Ia juga berharap, seluruh santri tak keluar rumah setiba di kediamanya terutama 9 santri yang memiliki suhu tinggi.

“Selain melakukan Physical Distancing, berdiam di rumah sebagai langkah karantina mandiri agar tak terpapar virus. Untuk 9 santri akan dipantau oleh petugas,” jelasnya.

Diketahui, ribuan santri tiba di Bangkalan dengan menaiki bus sebanyak 40 armada. Santri diharuskan melewati bilik desinfektan ketika turun bus, petugas juga melakukan penyemprotan armada agar seteril.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Sudiyo mengatakan pihaknya telah menyiapkan Surveilans yang ada di tiap Puskesmas. Para surveilans inilah yang nantinya memantau secara intens 9 santri tersebut.

“Sudah ada petugas yang memantau, kalaupun nanti terjadi keluhan, bisa langsung menghubungi surveilans yang ada di masing-masing tempat,” pungkasnya. [sar/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar