Peristiwa

Ribuan Koleksi Buku Lawas dan Langka Terbakar Habis

Petugas saat melakukan pemadaman api di perpustakaan buku lawas di Panjang Jiwo, Surabaya, Jumat (4/9/2020). (Istimewa)

Surabaya (beritajatim.com) – Belum diketahui apa penyebab kebakaran perpustakaan atau tempat penyimpanan buku bekas di Panjang Jiwo, Surabaya, Jumat (4/9/2020). Yang pasti semua buku dari koleksi buku lawas dan langka pun hangus dilahap si jago merah.

Bambang Vistadi, Kepala Bidang Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya menjelaskan, ruang penyimpanan buku berukuran 2 × 6 meter. Api yang tersulut pun langsung dengan cepat melahap seluruh koleksi buku milik Pak Huda.

“Semua buku terbakar di ruangan penyimpanan. Api dengan cepat melahap buku-buku yang tersimpan di ruangan kecil tersebut. Beruntung api tak merembet ke rumah lain, tapi semua koleksi buku yang ada di ruangan terbakar habis,” paparnya kepada beritajatim.com.

Lebih lanjut Bambang Vistadi menjelaskan, api membakar dengan cepat karena ruangan terisi buku yang berjumlah ratusan bahkan hampir ribuan koleksi buku bekas. Sehingga, dengan cepat api yang membakar pun membara sampai keluar pintu ruangan. Tak hanya itu, meski petugas datang dengan delapan unit mobil, api pun sudah lebih dahulu menghabiskan seluruh isi ruangan.

“Cepat sekali api membara besar karena barang yang ada mudah terbakar,” lanjutnya.

Hingga kini pihak kepolisian belum mengetahui apa penyebab kebakaran tersebut. Meski demikian akibat dari kejadian ini tak ada korban jiwa atau korban terluka. Hanya kerugian materi saja karena api dengan cepat menghabiskan isi ruangan.

“Korban nihil dan penyebab kebakaran kita belum ketahui juga,” pungkasnya. [man/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar