Peristiwa

Ribuan Bibit Pohon Ditanam di Gunung Pasang Jember

Jember (beritajatim.com) – Generasi Baru Indonesia (Genbi) menanam 2.500 bibit pohon di Gung Pasang, Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (12/12/2020).

Bibit pohon yang ditanam adalah durian, asam, petai, balsa, mahoni, dan kamelina. Bibit tersebut adalah produksi dari pesemaian permanen Karangpring yang diajukan oleh GenBI Jember. Penanaman pohon diikuti puluhan orang dan bersinergi dengan Dinas Kehutanan, Perusahaan Daerah Perkebunan Kahyangan (PDP), Desa Tangguh Bencana (Destana) Desa Suci, Lembaga Masyarakat Desa Hutan, dan dab sehynkag komunitas peduli lingkungan.

Ketua Destana Suci Usman Pamungkas mengatakan, penanaman di Gunung Pasang sebagai bagian dari pencegahan bencana alam tanah longsor. “Jika di pinggiran tebing Gunung Pasang mengalami longsor, secara langsung berdampak ke Desa Suci,” katanya, merujuk peristiwa banjir bandang dan tanah longsor pada 2006.

Khabib Qhoiril Akbar, pemimpin tim program kerja Social Act, mengatakan bahwa aksi ini juga bertujuan memperingati Hari Tanam Pohon Nasional. Selain di Gunung Pasang, penghijauan juga dilakukan di sekitar wisata Boma dan bantaran sungai.

“Proses penanaman menggunakan polybag yang harus dipadatkan. Ketika sudah masuk lubang tidak boleh diinjak pada diameter pohon, melainkan dipadatkan menggunakan tangan,” katanya.

Kepala Desa Suci Akhmad Suyuti berharap penanaman tak hanya dilakukan saat itu. “Ada tindak lanjut untuk ke depannya agar hutan kembali pulih dan tidak terjadi longsor lagi,” katanya. [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar