Peristiwa

Ribuan Alumni dan Santri Hadiri Haul KH Ahmad Mahfud Zayyadi

Pamekasan (beritajatim.com) – Ribuan alumni dan santri pondok pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata menghadiri haul Almarhum KH Ahmad Mahfud Zayyadi di kompleks pesantren Desa Panaan, Kacamatan Palengaan, Jum’at (17/5/2018).

Para alumni tersebut berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti Bondowoso, Gresik, Jember, Madura, Surabaya hingga Jakarta. Bahkan juga tampak sebagian alumni yang berasal dari Kalimantan.

Tampak hadir juga sejumlah tokoh masyarakat yang notabene merupakan alumni pesantren, sebagian besar di antara mereka merupakan para tokoh yang tersebar di berbagai daerah di Madura. Mereka hadir dalam peringatan haul pengasuh ketiga yang digelar setiap tanggal 12 Ramadan.

Selain itu juga tampak hadir para ulama yang merupakan keluarga besar pondok pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, di antaranya pengasuh Pondok Pesantren Al-Hamidy Banyuanyar, dan sejumlah pesantren lain yang tersebar di wilayah Jawa Timur.

KH Ahmad Mahfud Zayyadi merupakan pengasuh ketiga setelah KH Abd Majid bin KH Abd Hamid bin Istbat Banyuanyar dan KH Abd Qodir bin KH Abd Majid. Ia melanjutkan kepemimpinan pesantren setelah sempat bermukim di Pondok Pesantren Nurul Abror Banyuwangi, selama kurang lebih 12 tahun.

Menantu KH Abd Majid itu bersedia pulang ke Bata-Bata pasca Pengasuh KH Abd Qodir wafat. Selanjutnya ia mempimpin pesantren selama kurang lebih 26 tahun, yakni terhitung mulai 1959-1986 Masehi.

Saat ini kepemimpinan pondok pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata diasuh KH Abd Hamid bin KH Ahmad Mahfud Zayyadi yang notabene cucu dari pendiri pesantren KH Abd Majid melalui puteri Ny Tuhfah. [pin/ted]‎

Apa Reaksi Anda?

Komentar