Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Resmi Dilantik, PP Pessandra Canangkan 9 Program Andalan Guna Jawab Tantangan Zaman

Pengasuh PP Sunan Drajat, Dr (HC) KH Abdul Ghofur.

Lamongan (beritajatim.com) – Pengurus Pusat Persatuan Santri Alumni Sunan Drajat (PP Pessandra) masa khidmat 2021-2024 resmi dilantik. Prosesi Pelantikan dipimpin langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat (PPSD), Dr (HC) KH Abdul Ghofur, di Halaman Besar PPSD, Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, Jumat (22/10/2021) malam.

Kiai karismatik PPSD tersebut berharap, para pengurus yang baru saja dikukuhkan ini mampu menterjemahkan program-program PP Pessandra untuk mewujudkan cita-cita besar Pesantren Sunan Drajat, ajaran luhur Sunan Drajat, Islam Ahlus Sunnah Waljamaah, dan Rahmatan lil Alamin.

“Pessandra harus mampu menebarkan dakwah secara damai seperti halnya Walisongo. Santri Sunan Drajat harus menjadi percontohan dan mampu menjadi pelopor di semua bidang. Jihad kita saat ini adalah jihad pendidikan. Saya doakan kepada semua santri dan alumni agar ditinggikan derajatnya,” pesan KH Abdul Ghofur.

Ketua Umum PP Pessandra Masa Khidmat 2021-2024, Dr Sulanam.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PP Pessandra Dr Sulanam menerangkan, bahwa ada 9 (sembilan) program prioritas, yang telah dicanangkan oleh PP Pessandra, di antaranya institusionalisasi ajaran inti Sunan Drajat di pesantren jaringan alumni PPSD yang jumlahnya lebih dari 70 pesantren, pemantaban teo-ideologi dan jejaring Pessandra, produksi olahan melalui Branding Gudang Sunan Drajat (GSD).

Program lainnya, Sulanam menyebutkan, adalah smart digital pesantren, literasi dan asistensi hukum bagi santri dan alumni PPSD, pembentukan LAZIS dan Pessandra Peduli, pengarusutamaan hak perempuan, anak, dan keluarga, penguatan dan pembentukan jaringan seni budaya Sunan Drajat, serta gerakan Indonesia Hijau.

“Pada periode ini, Pessandra mengamanatkan di tiap bidang kepengurusannya untuk melakukan upgrading program melalui sejumlah inovasi dan terobosan, agar mampu menjawab tantangan zaman, utamanya di era digitalisasi seperti ini,” terangnya.

Hal lain yang tak kalah penting, lanjut Sulanam adalah bagaimana program-program yang dicanangkan tersebut, dapat segera direalisasikan, sehingga benar-benar dapat dirasakan kemanfataannya, bukan hanya oleh santri dan alumni, namun juga seluruh masyarakat.

“Setelah ini, kita harus tancap gas dan gerak cepat, agar program-program andalan yang dicanangkan ini bisa segera bisa bermanfaat bagi semua,” tegas Ketua Umum Pessandra yang terpilih dua kali berturut-turut tersebut.

Lebih jauh, di hadapan segenap pengurus yang baru di lantik, Sulanam menekankan perlunya Pessandra mengintensifkan kerjasama dengan pemerintah dan berbagai pihak untuk mensukseskan program kerja ke depannya.

“Semoga apa yang kita lakukan ini diridloi oleh Allah SWT, menjadi umat pilihannya Rasulullah SAW, serta masuk surganya Allah,” pungkasnya.

Turut hadir dalam Pelantikan PP Pessandra ini di antaranya, Dewan Pelindung, Dewan Penasehat, Dewan Pembina Pessandra, serta perwakilan dari seluruh pengurus wilayah dan cabang Pessandra dari masing-masing daerah se-Indonesia.

Dr Sulanam dikukuhkan sebagai Ketua Umum dan M Riadus Sholiqin MPd sebagai Sekretaris PP Pessandra masa khidmat 2021-2024 beserta 40 pengurus harian lainnya.

Acara pelantikan dirangkai dengan resepsi HSN 2021 dan taaruf antar pengurus sebagai bentuk kekeluargaan dan membangun soliditas kerja organisasi serta perumusan Program Kerja untuk Masa Khidmat 2021-2024. Kegiatan Pelantikan dan Raker diselenggarakan dengan protokol kesehatan secara ketat di masa pandemi Covid-19. [riq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar