Peristiwa

Rencana Faceoff Jalan HOS Cokroaminoto, Pemkab Ponorogo Surati PT KAI

Jalan HOS Cokroaminoto yang akan difaceoff layaknya jalan di Malioboro Jogjakarta. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Pengerjaan faceoff jalan HOS Cokroaminoto Kelurahan Bangunsari akan segera dilaksanakan. Ada sebagian pohon Sono yang memayungi jalan tersebut, juga sudah mulai di tebang. Selain itu Pemkab Ponorogo juga sudah menyurati PT. Kereta Api Indonesia (KAI), terkait asetnya yang ada di jalan tersebut akan terdampak pembangunan faceoff.

“Kita sudah layangkan surat pemberitahuan permohonan untuk melakukan pembangunan di sebelah kanan atau kiri aset milik PT. KAI di jalan HOS Cokroaminoto,” kata Sekda Agus Pramono, Kamis (15/4/2021).

Pemkab Ponorogo, kata Agus sudah mengirimkan surat itu sejak sebulan yang lalu. Namun, hingga kini pihaknya belum menerima surat balasan dari perusahaan BUMN tersebut. Meskipun begitu, Agus tidak mempermasalahkannya. Sebab rel kereta apinya sendiri juga masih di jalan itu. Agus menyimpulkan akan jadi masalah jika rel kereta api itu diambil Pemkab Ponorogo.

“Yang penting kita tidak mengambil rel-nya. Rel-nya masih disitu. Kalau sewaktu-waktu difungsikan itu nanti masih bisa dikomunikasikan,” kata Agus.

Dalam pembangunan nanti, tentunya akan menutupi rel kereta api tersebut. Tetapi Agus menggarisbawahi sekali lagi jika tidak akan menghilangkan aset PT. KAI yang ada disitu. Dia ambil contoh di Madiun, juga ada pembangunan seperti yang akan dilakukan di Ponorogo, dan rel-nya juga masih ada. Nah, mengacu yang ada di Madiun itu, Ia mengidentifikasi jika di Ponorogo juga tidak ada masalah.

“Jadi kalau belum ada jawaban ya bisa dimaknai boleh. Yang terpenting kita menjamin aset rel itu tetap ada dan tidak akan diambil,” pungkasnya. [end/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar