Peristiwa

Relokasi SDN 2 Tugurejo, Dindik Ponorogo Ajukan Site Plan

Keadaan SDN 2 Tugurejo yang direkomendasikan untuk segera melakukan relokasi. (foto : Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Tempat relokasi untuk SDN 2 Tugurejo sudah diteliti oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung.

Tim percepatan relokasi yang terdiri beberapa dinas terkait juga sudah mendapatkan rekomendasi dari  pihak PVMBG. Dalam rekomendasinya, tempat relokasi relatif aman namun dengan catatan. Oleh karena itu saat pembangunannya nanti, perlu memperhatikan catatan dari PVMBG tersebut.

Karena SDN ini menjadi prioritas relokasi, Dinas Pendidikan (Dindik) Ponorogo sudah menyelesaikan site plan relokasi SDN 2 Tugurejo. Pembuatan site plan itu juga sudah sesuai aturan yang ada. Yakni perancangan desain sekolah, mengacu aturan pemerintah pusat. Bentuk spesifikasi ruang  sesuai aturan pusat telah diaplikasikan dalam desain tersebut.

“Site plan sudah kami sampaikan kepada tim percepatan relokasi yang diketuai oleh Wabup Soedjarno,” kata Kabid Pembinaan SD Dindik Imam Muslihin, Kamis (5/3/2020).

Bupati Ipong Muchlissoni saat meninjau SDN 2 Tugurejo yang berada di zona rawan tanah gerak beberapa waktu yang lalu.(dok.beritajatim.com)

Imam menyebut jika desain tersebut, memakan anggaran sekitar Rp 7 miliar. Bangunan SDN setidaknya ada 6 ruang kelas untuk siswa kelas I hingga kelas VI. Selain itu juga dibangun sarana prasarananya seperti ruang guru, perpustakaan, kamar mandi, maupun musala. Juga akan ada TK di komplek sekolah tersebut.

“Keputusannya seperti apa, ini menjadi wewenang dari tim percepatan relokasi,” katanya.

Sekedar diketahui Bupati Ipong Muchlissoni dan jajarannya pada tanggal 9 Februari 2020 lalu kondisi SDN 2 Tugurejo Kecamatan Slahung yang terdampak tanah gerak. Kerena sudah 4 tahun tak kunjung direlokasi, bupati membentuk tim percepatan relokasi yang terdiri beberapa dinas terkait dan diketuai oleh wakil bupati Soedjarno. Waktu itu, tim percepatan diminta mempersiapkan segala hal terkait kebijakan relokasi. Mulai dari menyusun skema terbaik, menyesuaikan anggaran, hingga mengkaji aturan yang ada.(end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar