Peristiwa

Relawan Pamekasan Digembleng Materi Vertical Rescue

Pamekasan (beritajatim.com) – Sejumlah personil relawan yang tergabung dalam Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Pamekasan, digelmbeng materi latihan vertical rescue yang digelar di Dam Samiran, Kecamatan Proppo, Minggu (13/10/2019).

Dalam kegiatan yang digelar dalam dua hari terakhir, terhitung sejak Sabtu (12/10/2019) kemarin hingga hari ini. Para relawan juga dibekali dengan berbagai materi seputar kebencanaan yang di setting dengan format materi dan praktik.

“Kegiatan ini sengaja dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan personil FRPB, khususnya dalam menanggulangi sekaligus mengatasi berbagai persoalan bencana,” kata salah satu relawan FRPB Pamekasan, Budi Cahyono kepada beritajatim.com.

Dalam kesempatan tersebut, para peserta juga digembeleng dengan beberapa materi yang disampaikan oleh tiga pemateri berbeda. Di antaranya materi navigasi darat hingga vertical rescue. “Pemateri kita datangkan dari GRI (Green Ranger Indonesia), serta Tim Rescue Gunung Gede Jabar,” ungkapnya.

Dari itu pihaknya berharap kegiatan tersebut bisa menjadi modal maupun semangat dan motivasi bagi para relawan, khususnya dalam membantu sesama dan demi kemamusiaan. “Harapannya semoga kegiatan ini dapat memompa semangat dan motivasi para relawan untuk membantu sesama,” harapnya.

“Tidak kalah penting, pelatihan seperti ini bisa menjadi modal dan motivasi bagi para relawan dalam membantu sesama, khususnya dalam aspek kemanusian. Apalagi kegiatan seperti ini merupakan modal penting bagi personil relawan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, selain menggelar pelatihan kebencanaan di akhir pekan kedua Oktober 2019. Para relawan yang tergabung dalam FRPB Pamekasan, juga sering melakukan berbagai kegiatan sosial dan penanggulangan kebencanaan. Di antaranya membantu tim Damkar memadamkan bencana kebakaran hingga mendistribusikan air bersih ke sejumlah wilayah terdampak. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar