Peristiwa

Relawan NU Turut Bantu Korban Banjir di Jatim

Surabaya (beritajatim.com) – Bencana alam banjir yang melanda sejumlah kabupaten di Jawa Timur menarik PBNU melalui Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI PBNU) segera melakukan penanganan di daerah terdampak.

Sekretaris LPBI PBNU, Yayah Ruchyati mengatakan penanganan dilakukan seperti Kabupaten dan Kota Madiun, Kabupaten Ponorogo, Kediri, Trenggalek, Tulungagung, Lamongan, Mojokerto.

“Para relawan LPBI NU aktif dalam penanggulangan bencana banjir yang sekarang sedang melanda sebagian wilayah Jatim tak lama sejak kejadian bencana tersebut terjadi,” kata Yayah, Sabtu (9/3) malam.

Di lapangan, sambungnya, para relawan bekerjasama dengan NU Care-LAZISNU daerah setempat, juga BPBD daerah masing-masing.

Bermacam bentuk bantuan disalurkan kepada para pengungsi seperti bahan makanan siap saji, serta kebutuhan lain seperti selimut, baju layak pakai, dan kebutuhan anak.

“Relawan juga membagikan air bersih yang dengan TPPI P3MD Ponorogo di Desa Pengkol, Kecamatan Kaum Ponorogo, bagi-bagi sembako dan nasi bungkus di Desa Glonggong, Balerejo Kabupaten Madiun. Lalu di Plangwot, Laren, Lamongan. Serta di Trenggalek di Kelurahan Kelutan dan daerah Ngadirenggo Pogalan,” rincinya.

Selain membagikan barang-barang bantuan, relawan NU juga juga membantu proses evakuasi, serta membersihkan sisa-sisa lumpur bekas banjir seperti yang dilakukan di Ponorogo.

“Sampai malam ini relawan NU masih ada yang siaga di lokasi terdampak,” pungkasnya. [but]

Sumber: PBNU

Apa Reaksi Anda?

Komentar