Peristiwa

Relawan HMI-KAHMI Eksakta Turun Jalan di Jember

Jember (beritajatim.com) – Relawan Himpunan Mahasiswa Islam dan Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam turun ke jalan selama beberapa hari terakhir, di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Kali ini bukan berunjuk rasa memprotes kebijakan pemerintah, namun melakukan aksi sosial menangani dampak Covid-19. Selain melakukan penyemprotan disinfektan dan membagikan masker dalam beberapa kali kesempatan, HMI-KAHMI juga membagikan nasi bungkus ke para pekerja jalanan.

Para relawan membagikan nasi bungkus di beberapa titik secara bersamaan yakni di Jalan Mastrip, Jalan Riau, Jalan Jawa, Jalan Kalimantan, Jalan Tidar, Jalan Karimata, dan Jalan Sumatera. Nasi bungkus dibagikan kepada tukang becak, ojek, pengemis, pengamen, dan para pekerja jalanan yang ditemui di sepanjang jalan.

Ketua Satgas Relawan HMI-KAHMI Eksakta Ainur Hadi Novanto mengatakan, ratusan nasi bungkus habis dalam beberapa menit. “Tidak hanya nasi bungkus yang dibagikan. Namun, kami juga membagikan masker kain untuk para pekerja jalanan tersebut,” katanya, Sabtu (18/4/2020).

Kegiatan ini telah berlangsung selama tiga minggu terakhir, yang diawali dari penyemprotan disinfektan dan pembagian hand sanitizer ke ratusan rumah di sekitar Komisariat Eksakta yakni Komisariar Teknologi Pertanian, MIPA, Pertanian, dan Kesehatan. Mereka juga membagika. sembako ke orang yang membutuhkan seperti tukang becak, janda, lansia dan lainnya.

“Dana yang digunakan pada kegiatan ini diperoleh dari uluran tangan alumni HMI. Hasil donasi yang terkumpul selama ini sudah mencapai belasan juta rupiah,” kata Gilang, Bendahara Relawan HMI-KAHMI Eksakta Jember.

Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian Yuli Witono menyebut situasi Covid-19 adalah pembelajaran hidup nyata yang multi benefit. “Anda adalah insan pilihan di antara sekian mahasiswa yang asyik rebahan di ruang sempit kuliah daring. Kondisi begini menyelamatkan diri adalah penting, tetapi menyelamatkan orang lain jauh lebih penting,” katanya. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar