Peristiwa

World Cleanup Day 2019

Relawan Gelar Aksi Bersih-Bersih Sampah di Bibir Pantai

Pamekasan (beritajatim.com) – Ratusan relawan dari berbagai elemen pecinta lingkungan ikut serta melakukan aksi bersih-bersih sampah dalam rangka World Cleanup Day 2019 di Pantai Ambat, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, Sabtu (21/9/2019).

Kegiatan yang digagas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan, digelar dengan menggandeng sejumlah komunitas dari berbagai elemen berbeda, demi mensukseskan kegiatan yang mengusung tema Simpatik alias Aksi Bersih-Bersih Sampah Plastik.

Termasuk di antaranya dengan menggandeng kelompok peduli mangrove Madura, serta komunitas lingkungan lainnya. “Kegiatan ini merupakan gerakan bersih-bersih se dunia yang dilaksanakan serentak 158 negara di dunia,” kata Kepala DLH Pamekasan, Amin Jabir.

Dalam momentum tersebut, pihaknya memusatkan kegiatan di pesisir pantai Tlanakan. Mulai dari pesisir Pantai Ambat hingga pesisir Pantai Branta Pesisir, Tlanakan. “Terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi mensukseskan kegiatan ini,” ungkapnya.

“Pasca kegiatan ini akan kita lakukan aksi tanam bibit pohon mangrove di sejumlah titik yang sudah kita canangkan, tapi untuk proses penanaman ini sementara kita lakukan secara simbolis. Sebab proses penanganan baru kita lakukan pada 2020 mendatang, karena menunggu kondisi cuaca yang bagus untuk menanam,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut tidak hanya diikuti oleh para pecinta lingkungan, tetapi sejumlah insan pers juga ambil bagian dalam kegiatan sosial. Bahkan mereka juga melebur tanpa risih bersama para relawan memungut sampah yang berserakan di sepanjang bibir pantai. [pin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar